Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Smart Watch, Cek Sebelum Beli

Xiaomi Smart Watch

Seperti yang diharapkan, Xiaomi telah mengumumkan jam tangan pintar pertama dan disebut Mi Watch (Xiaomi Smart Watch).

Kehadiran produk ini menandai masuknya Xiaomi ke dalam kategori jam tangan pintar setelah keberhasilannya dengan perangkat pelacak kebugaran seperti Xiaomi Mi Band 4.

Xiaomi akhirnya merilis produk jam tangan pertamanya, Xiaomi Mi Watch. Berkat seri Mi Band, Xiaomi telah mendominasi pangsa pasar produk pakaian pintar.

Tapi Mi Band lebih menargetkan di pasar anggaran. Meskipun memiliki volume pengiriman yang besar untuk seluruh pasar, Xiaomi tidak dapat membantu membangun reputasi yang baik di pasar dan mencakup segmen pasar yang berbeda.

Seperti panggilan Xiaomi, posisi pasar dari Mi Watch adalah ‘telepon kecil di pergelangan tangan Anda’. Jadi Mi Watch mungkin dianggap sebagai awal baru untuk mempraktikkan ambisi Xiaomi dalam rantai ekologi Xiaomi.

Berjalan dengan Perangkat Lunak OS Wear GoogleMi Watch

Mi Watch sejauh ini hanya dikonfirmasi untuk China, tetapi sering kali Xiaomi memperkenalkan produk di pasar dalam negeri sebelum kemudian membawanya ke lokasi lain di seluruh dunia.

Perangkat tersebut menjalankan perangkat lunak OS Wear Google, tetapi pendekatan Xiaomi kali ini sedikit berbeda dengan para pesaingnya.

Karena disini tidak hanya menciptakan platform perangkat keras, tetapi juga merancang skin yang berbeda yang berada di atas Wear OS untuk mengubah desain.

Fiturtersebut disebut MIUI For Watch sebagai pendekatan visual yang sangat berbeda dengan tampilan standar Wear OS.

Lebih dari 40 aplikasi utama Tiongkok juga telah dirancang khusus untuk Mi Watch seperti TikTok, Nio dan QQ Messenger. Asisten XiaoAI Xiaomi juga terintegrasi ke dalam pengalaman.

Desain Elegan Mirip Apple Watch

Di bagian depan perangkat keras, Xiaomi Smart Watch mengikuti desain yang sangat mengingatkan kita pada Apple Watch dengan tubuh persegi dengan ujung bulat bersama dengan mahkota dan tombol di sisi kanan.

Memiliki layar AMOLED 1,78 inci dengan kaca lengkung yang kokoh di atasnya. Ada mikrofon di kedua sisi, dan pengeras suara di sebelah kiri dengan pin pengisian daya dan monitor detak jantung di bagian belakang arloji.

Casing terbuat dari paduan aluminium dengan finishing matte dan dilengkapi dengan sejumlah band jam tangan yang dapat diganti.

Mi Watch ditenagai oleh chipset Snapdragon Wear 3100 4G dan ini menggunakan empat core Cortex A7 yang memiliki clock 1.2GHz.

Dipasangkan dengan baterai 570mAh, yang menurut Xiaomi baterai tersebut akan bertahan selama 36 jam dengan sekali pengisian daya.

Baca Juga:

Hampir 40 Jt, Ternyata ini Keunggulan Mi Mix Alpha 5G yang Bikin Mahal

Jam Tangan Pintar Dengan Kemampuan 4G

Xiaomi Smart Watch juga berkemampuan 4G dengan memanfaatkan eSIM untuk mendukung semua fungsi telepon tanpa harus terhubung secara aktif ke ponsel cerdas penggunanya.

Fitur-fitur lain seperti WiFi, GPS, NFC (untuk pembayaran di Cina), Bluetooth, dan pemantauan detak jantung semua termasuk.

Fitur kebugaran-sentris lainnya ternyata jugamasih dipertimbangkan disini. Termasuk sensor oksigen darah, pelacakan tidur, pemantauan energi tubuh dan perangkat ini juga tahan air untuk berenang.

Berapa Harga Mi Watch?

Dalam mode Xiaomi, Mi Watch dihargai sangat kompetitif hanya CNY 1.299 di China (sekitar Rp 2,5 jutaan), dan sudah mulai dijual di negara tersebut pada 11 November.

Saat ini kami tidak tahu kapan kami akan melihat peluncuran perangkat di negara lain.

Bagaimana dengan Indonesia? Hingga saat ini belum ada informasi kapan Xiaomi Smart Watch akan dihadirkan di Indonesia.

Ada varian yang lebih premium dari jam tangan pintar yang memiliki kaca safir, casing stainless steel, dan tali logam. Edisi eksklusif ini dihargai CNY 1.999 (sekitar Rp 4 jutaan) dan akan mulai dijual di beberapa negara di bulan Desember.

Baca Artikel Lainnya:

7 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro – Baca Dulu!

Kekurangan Mi Watch Sejauh Ini

Jika Anda penggemar perangkat Xiaomi dan memiliki banyak perangkat rumah pintar Xiaomi, Mi Watch akan menjadi salah satu produk Xiaomi yang tidak akan Anda lewatkan.

Mi Watch dapat menjadi prosesor sentral untuk mengontrol semua perangkat ini. Tetapi masalahnya adalah bahwa aplikasi Mi Home hanya mendukung bahasa Cina sejauh ini.

Selain itu, Mi Watch juga dinilai mahal untuk kelas produk dari Xiaomi yang sejauh ini dikenal memiliki harga terjangkau.

Padahal dengan harga tersebut, kita sudah bisa mendapatkan ponsel pintar. Itulah pendapat dari sebagian besar orang.

Namun sepertinya dengan serangkai fitur canggih yang ditawarkan, harga tersebut seharusnya tidak menjadi masalah.

Selain itu, belum banyak review mengenai apakah sensor-sensor pada Xiaomi Smart Watch berjalan dengan optimal atau tidak.

Baca Artikel Lainnya:

Intip 5 Kelebihan Xiaomi Mi Note 10 Pro, Layak Dibeli?

One Comment on “Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Smart Watch, Cek Sebelum Beli”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *