Review Lengkap: 8 Fitur Xiaomi Mi Watch, Layak Dibeli?

Xiaomi Mi Watch

Xiaomi akhirnya merilis produk jam tangan pertamanya, Xiaomi Mi Watch. Berkat seri Mi Band, Xiaomi telah mendominasi pangsa pasar produk jam tangan pintar.

Tapi Mi Band lebih menargetkan di pasar anggaran karena dijual dengan harga relatif terjangkau. Meskipun memiliki volume pengiriman yang besar untuk seluruh pasar di banyak negara, namun Xiaomi tidak dapat membangun reputasi yang baik di pasar jam tangan pintar.

Seperti yang dijanjikan oleh Xiaomi, posisi pasar dari Mi Watch adalah sebagai ‘telepon kecil di pergelangan tangan Anda’. Jadi Mi Watch mungkin dianggap sebagai awal baru untuk mempraktikkan ambisi Xiaomi dalam rantai ekologi Xiaomi.

Kemungkinkan besar karena memang ingin bersaing dengan Apple Watch melalui harga yang lebih ramah pengguna.

Yuk, simak dulu review lengkap spesifikasi Xiaomi Mi Watch berikut ini:

1. Desain

Mari kita mulai dengan desainnya. Dan kami pikir sulit bagi Xiaomi untuk menyangkal tiruan desain di sini.

Xiaomi bahkan digadang-gadang menderita perselisihan dengan plagiarism karena sepertinya kurang kreatif dari segi desain.

Kami senang melihat Xiaomi membawakan produk bagus dengan harga terjangkau, tetapi pada saat yang sama juga berharap Xiaomi harus lebih memperhatikan pengembangan bahasa desain mereka sendiri.

Namun, saya masih ingin mengingatkan Anda, Mi Watch kurang dari setengah harga dari mitra Apple-nya.

2. RancanganXiaomi Watch

Dibandingkan dengan versi standar, perbedaan utama adalah perlindungan permukaan. Versi Premium ditutupi oleh kaca kristal Safir daripada Corning Gorilla Glass 3 pada yang standar.

Bingkai versi premium dibuat dengan stainless steel sedangkan bahan dari bingkai standar adalah paduan Aluminium.

Mereka berdua memiliki punggung keramik. Berkat perlindungan tergores seperti itu, Mi Watch belum tergores selama penggunaan sehari-hari menurut beberapa testiomoni pengguna.

Mi Watch memiliki layar AMOLED 1,78 inci dengan PPI 326, yang memberikan pengalaman menonton yang cukup bagus.

Sementara itu, ia juga mendukung fitur layar selalu aktif, yang akan menyebabkan daya tahan baterai lebih pendek.

Crown dan tombol daya diatur di sisi kanannya, dan mikrofon ditempatkan di antara kedua mekanisme ini.

Dikombinasikan dengan layar sentuh, pengalaman operasi sejauh ini cukup bagus. Putar crown untuk menggulir konten ke atas atau ke bawah, tekan singkat crown untuk masuk ke daftar aplikasi atau kembali ke lapisan sebelumnya, tekan lama crown untuk membangunkan asisten suara.

Di tepi kiri, terdapat satu speaker, yang memungkinkan Anda memutar musik atau bercakap-cakap tanpa earphone.

Di dalam arloji, Xiaomi dilengkapi prosesor Qualcomm snapdragon 3100, yang didasarkan pada prosesor mobile snapdragon 400 Qualcomm 2013. Jadi dibandingkan dengan ponsel terbaru, itu bukan pilihan yang mengejutkan.

Tetapi kita telah melihatnya menggerakkan beberapa jam tangan pintar lain yang menjalankan OS Wear pada 2019, seperti jam tangan dari Fossil dan Misfit. Dan itu juga mendapat ram 1GB dan penyimpanan 8GB dengan baterai 570mAh.

Jadi, tidak perlu khawatir tentang kinerjanya dalam menjalankan aplikasi ini. Tapi tolong, tolong lupakan game. Anda pasti tidak akan bermain game di jam tangan. Hehe.

3. Perangkat lunak

Seperti yang sudah dijelaskan, Xiaomi Mi WatcMi Watchh menggunakan Wear OS. Lapisan Xiaomi Watch MIUI For Watch pada antarmuka Wear OS.

Ini adalah arloji pertama yang menjalankan antarmuka khusus pada sistem operasi smartwatch Google.

Anda dapat menginstal lebih dari 40 aplikasi dari Watch App store, termasuk versi yang lebih ringan dari aplikasi MIUI seperti Recorder, Notes, Mi home dan beberapa aplikasi populer pihak ketiga seperti peta Sogo dan sebagainya.

App store sekarang dapat diakses oleh pengembang pihak ketiga, jadi harus ada lebih banyak opsi untuk pengguna dalam waktu dekat.

Tapi jika diperhatikan, jam tangan Mi sekarang terutama tersedia di Cina. Sehingg sebagian besar aplikasi percakapan yang dapat Anda instal berasal dari Cina. Karena lebih menargetkan di pasar Cina daripada mempertimbangkan kebiasaan pengguna global.

4. Konektivitas

Alasan lain mengapa Xiaomi mendefinisikan jam tangan Mi sebagai ponsel kecil adalah konektivitas nirkabel.

Xiaomi Mi Watch mendukung koneksi Bluetooth, Wifi, GPS, dan NFC. Sementara itu, platform Snapdragon 3100 mendukung konektivitas e-sim 4G, yang sebenarnya memungkinkan Anda untuk mengambil arloji sebagai telepon kecil untuk panggilan mandiri, streaming musik dan dasar lainnya.

Jadi, ketika Anda ingin menikmati kegiatan di luar rumah untuk sementara waktu seperti berlari, berenang atau hanya minum kopi, tidak perlu membawa ponsel Anda, tetapi pastikan Anda mengenakan telepon Wrist, Mi Watch.

5. Pelacakan Kebugaran

Berkat kesuksesan seri band Mi, Xiaomi terus fitur khas pelacakan kebugaran. Mi Watch dapat melacak 10 aktivitas fisik, termasuk berjalan, berlari, berenang, memanjat, dan olahraga lainnya.

Selain itu, ia juga mendukung pemantauan detak jantung. Ini memungkinkan pengguna untuk melacak detak jantung mereka setiap 30 menit atau menyalakan pemantauan waktu nyata.

Tetapi pemantauan waktu nyata akan mengurangi daya tahan baterai arloji. Sebagai hasilnya, saya sarankan untuk menyalakannya hanya ketika Anda berolahraga.

6. Baterai

Detail yang hangat di sini adalah bahwa ketika baterai benar-benar habis, Mi Watch akan mengaktifkan mode arloji untuk hanya menampilkan waktu.

Dan itu hanya berubah menjadi arloji saja. Menurut spesifikasi resmi, jam tangan dapat bertahan selama 36 jam.

Tetapi dalam pengujian penggunaan sehari-hari pengguna, aman untuk mengatakan bahwa itu bisa bertahan sepanjang hari ketika menyalakan beberapa konektivitas atau fungsi seperti wifi, Bluetooth, selalu-di-layar dan pemantauan denyut jantung real-time.

7. Tema

Dibandingkan dengan jam tangan tradisional, salah satu kesenangan terbesar dari jam tangan pintar adalah tema dial yang dapat dialihkan.

Xiaomi Mi Watch memiliki sejumlah besar tema sambung untuk Anda. Anda bahkan dapat mengganti gambar di album arloji sebagai latar belakang arloji, seperti halnya mengganti wallpaper di ponsel Anda.

8. Tahan Air

Kami menerima banyak kekhawatiran tentang kedap airnya. Setelah tes sederhana seperti yang di review dari salah satu sumber, itu memang tahan air sampai batas tertentu.

Dan bahkan kita dapat mengatakan bahwa tidak ada masalah yang Anda ingin berenang dengannya.

Tetapi Xiaomi tidak melepaskan tingkat kedap air yang disertifikasi, dan mereka mengklaim bahwa Xiaomi Mi Watch mendukung untuk berenang di air dangkal tetapi tidak berlaku untuk mandi air panas, mandi uap, atau menyelam.

Fitur kedap air akan melemah seiring berjalannya waktu. Dan kerusakan air tidak akan termasuk dalam garansi Mi Watch. Jadi perhatikan risiko tersebut jika Anda membeli jam tangan pintar ini.

Kesimpulan

Jika Anda penggemar perangkat Xiaomi dan memiliki banyak perangkat rumah pintar Xiaomi, Mi Watch akan menjadi salah satu produk Xiaomi yang tidak akan Anda lewatkan.

Mi Watch dapat menjadi prosesor sentral untuk mengontrol semua perangkat ini. Tetapi masalahnya adalah bahwa aplikasi Mi Home pada Xiaomi Mi Watch  hanya mendukung bahasa Cina sejauh ini.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Smart Watch, Cek Sebelum Beli

cc dan layardunia21.com Jadi Pengganti IndoXXI, Apakah Aman?

Apa Itu iOS dan Android Uygulama? Berita Baru dari Turkey!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *