Snapdragon vs MediaTEK Bagus yang Mana?

Snapdragon Qulcomm dan MediaTEK

Konsumen sering dibuat bingung harus memilih antara prosesor Snapdragon vs MediaTEK bagus yang mana? Kedua produk chipset tersebut memang menjadi dilema tersendiri bagi masyarakat. Mengingat bahwa smartphone menjadi salah satu komuditas yang penting untuk menunjang kehidupan sehari-hari, sehingga memilih produk smartphone yang tepat salah satunya dengan melihat prosesor yang disematkan.

Sejauh ini ada beberapa merk prosesor khusus smartphone yang sering digunakan yaitu Snapdragon, MediaTek, Exynos, Intel & Aton A Series. Namun dari beberapa jenis chipset tersebut, yang paling sering kita temui adalah Snapdragon dan MediaTek.

Prosesor sendiri menjadi salah satu elemen penting dalam sebuah produk smartphone karena menentukan bagaimana kualitas kinerjanya. Karena peran dari prosesor ini bisa dikatakan sebagai otak dari ponsel. Jika Anda bingung untuk memilih Snapdragon vs MediaTEK, tidak perlu khawatir karena dalam ulasan berikut Kami akan memberikan penjelasan lengkapnya.

Baca Juga:

5 HP Gaming 3 Jutaan (Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo)

Qualcomm Snapdragon dan MediaTek

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan dari Snapdragon vs MediaTEK, mari kita pahami terlebih dahulu masing-masing dari prosesor terkenal ini.

Qualcomm Snapdragon

Kita bahas terlebih dahulu tentang prosesor Qualcomm Snapdragon. Chipset ini adalah merk prosesor dari San Diego Amerika Serikat yang menjadi produk unggulan Qualcomm. Berdiri sejak 1985, Snapdragon menjadi chipset yang banyak digunakan pada smartphone-smartphone keluaran terbaru.

Bisa dibilang bahwa saat ini vendor smartphone lebih banyak yang menggunakan Snapdragon karena menawarkan chipset yang dapat memproses data lebih cepat dan penggunaan daya yang minim. Ada beberapa seri chipset Snapdragon unggulan dari Qualcomm yaitu Snapdragon 650/660, Snapdragon 652/653 dan Snapdragon 430/435. Namun untuk saat ini, Snapdragon seri 700 dan 800 lebih banyak dicari.

MediaTek

Lalu bagaimana dengan MediaTEK? Konsumen sering membandingkan antara Snapdragon vs MediaTEK. Karena memang MediaTEK dan Snapdragon adalah pesaing berat. MediaTek sendiri adalah pendatang baru dari Vietnam yang didirikan pada 1997.

Namun perkembangan dari MediaTEK ini sangat cepat. Salah satu alasannya karena smartphone yang menggunakan prosesor MediaTEK menawarkan harga yang lebih terjangkau.

Sekedar informasi, MediaTEK adalah prosesor yang pertama kali menggunakan chipset berkekuatan 10 core atau decacore pada smartphone. Tentu spesifikasi tersebut sangat mumpuni bagi sebuah smartphone untuk menangani tugas-tugas dalam waktu bersamaan atau multitasking. Chipset ini juga menjadi pencetus prosesor 64 bit pertama yang juga mendukung konektifitas LTE di masanya.

Ada beberap seri prosesor unggulan dari MediaTek, seperti Helio X27 dan Helip X30. Atau pada seri P yaitu Helio P20, Helip P25 dan yang  terbaru Helip P60 dan Helio P70. MediaTEK untuk series P menawarkan pemanfaatan daya dan efisiensi yang lebih baik.

Baca Juga:

20 Daftar HP Xiaomi Dibawah 2 Juta [Spesifikasi & Gambarnya]

Qualcomm Snapdragon vs MediaTek

Apabila berbicara masalah harga, antara Snapdragon vs MediaTEK maka lebih mahal prosesor Snapdragon. Karena memang biaya produksi pada prosesor Snapdragon lebih tinggi daripada MediaTEK. Bahkan 6x lebih mahal daripada produksi chip untuk jenis MediaTEK.

Meskipun banyak orang yang mengatakan bahwa kualitas ponsel dari nilai Antutu menjadi patokan ketika menilai sebuah prosesor yang digunakan. Hal tersebut memang tidak salah, namun tidak sepenuh benar juga. Karena skor tinggi tidak selalu menjamin kinerja ponsel lebih baik. Masih banyak elemen-elemen lainnya yang mendukung dan mempengaruhi kinerja dari smartphone baik atau tidak.

Perbedaan Snapdragon dan MediaTek

Snapdragon-dan-MediaTEK

Untuk mengetahui perbedaan dari Snapdragon dan MediaTEK, maka agar lebih jelasnya Anda mengetahui beberapa poin berikut ini:

  • Performa Prosesor dan Grafis

Untuk membandingkan performa dari Snapdragon dan MediaTEK, caranya yaitu dengan meliihat dari spesifikasi CPU dan GPU masing-masing. CPU terdiri dari beberapa core yang mana berfungsi untuk mengatur seluruh komponen yang ada di dalam prosesor.

  • Mediatek vs Snapdragon Benchmark

Performa dari GPU untuk prosesor MediaTek relatif lebih rendah daripada Qualcomm Snapdragon. Sehingga prosesor MediaTek cenderung menggunakan RAM yang lebih sedikit. Sedangkan untuk prosesor Snapdragon memiliki kemampuan merender grafis lebih baik dan hasil efek visual yang mulus. Akan tetapi, Snapdrgaon mengonsumsi lebih banyak RAM daripada MediaTEK.

Alasan mengapa Snapdragon lebih boros memakan RAM yaitu karena GPU-nya tidak didukung dengan dedicated VRAM. Pada saat ponsel digunakan, GPU Adreno pada chipset Snapdragon akan mengonsumsi RAM inti dari ponsel itu sendiri.

Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut dan supaya grafis Snapdragon lebih maksimal maka harus dibarengi dengan kapasitas RAM yang besar. Dalam poin ini, dapat dikatakan bahwa MediaTek lebih unggul dalam penghematan RAM, sedangkan Snapdragon lebih unggul dalam menyuguhkan grafis terbaiknya.

  • Variasi Produk

Snapdragon diketahui lebih banyak memiliki variasi produk daripada MediaTek. MediaTek pada tahun 2017 telah mengurangi produksi prosesor kelas atas dimana mereka lebih fokus untuk membuat prosesor kelas menengah. Sehingga penjualan di tahun 2018 MediaTek fokus untuk mengembangkan seri prosesor generasi Helio O saja. Beda halnya dengan Snapdragon yang lebih banyak variasi produk.

Baca Juga:

Vivo Nex 3 Hadir Degan Baterai 6400 mAh? Ini Spesifikasinya

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas, antara Snapdragon vs MediaTEK, secara garis besar memang Snapdragon lebih unggul dalam berapa hal. Namun bukan berarti prosesor MediaTek buruk. Karena untuk kelas mid-range dari MediaTEK di series P justru mampu bersaing dengan ketat.

Tidak menutup kemungkinan beberapa tahun kedepan, MediaTEK bisa berasing lebih baik untuk smartphone di masa depan. Namun hingga saat ini, MediaTEK masih diandalkan untuk mendapatkan smartphone dengan harga murah tapi bukan dengan performa yang murahan. Gimana menurut kamu?

Baca Juga: 9 HP Gaming Terbaik dan Harga Termurah

3 Comments on “Snapdragon vs MediaTEK Bagus yang Mana?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *