Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Find X2 Pro, Terlalu Mahal?

Harga Harga Oppo Find X2 Pro

Sudah tahu apa saja kelebihan dan kekurangan Oppo Find X2 Pro?

Oppo telah meluncurkan Find X2 Pro bersama dengan Oppo Find X2 pada acara MWC 2020. Pada kesan pertama, model Pro bisa menjadi salah satu smartphone yang paling sukses, karena Oppo memaksimalkan hampir semua fitur di ponsel seri pro ini.

Find X2 Pro memiliki banyak hal menarik untuk dibahas. Kami telah mengumpulkan review untuk melihat kelebihan dan kekurangan Oppo Find X2 Pro yang bisa Kamu jadikan pertimbangan untuk membeli atau tidak.

Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Find X2 Prospesifikasi Harga Oppo Find X2 Pro

1. Desain

Oppo Find X2 Pro tidak memiliki banyak desain yang sama dengan pendahulunya, apalagi ponsel ini juga tidak dibekali dengan kamera pop up di depannya.

Sebagai gantinya, kamera depan ditempatkan di area cut-out di pojok kiri atas layar. Layarnya melengkung ke sudut 68 derajat di bagian samping, yang terasa cukup menonjol, meski tidak sebanyak teknologi tampilan ‘Waterfall’ Oppo.

Tidak ada jack headphone 3,5 mm di sini, jadi penggemar headphone berkabel mungkin akan kecewa. Namun, ponsel ini sudah dilindungi IP68, sehingga aman dari debu dan air.

Di bagian belakang perangkat terdapat modul kamera di sebelah kiri, jauh lebih besar dari standar Oppo Find X2, dan terbuat dari bahan yang jug berbeda.

Sementara alas Oppo Find X2 memiliki kaca belakang dan hadir dalam versi bagian belakang keramik (seperti beberapa seri Samsung Galaxy S10 ) atau kulit vegan, memiliki kesan lebih premium.

Jauh di bawah pounch kamera, di bagian bawah Kamu akan menemukan logo Oppo.

Tombol on / off dan volume rocker switch masing-masing terletak di sisi kanan dan kiri ponsel, dan speaker, port pengisian daya, dan laci kartu SIM dicolokkan ke bagian bawah. Dari segi tampilannya memang terlihat cukup minimalis.

2. Tampilan

Mari kita lihat kelebihan dan kekurangan Oppo Find X2 Pro  dari segi tampilan layarnya. Menurut review, layar Oppo Find X2 Pro sangat mengesankan.

Ponsel dibekali dengan layar 6,78 inci yang dikemas dengan fitur untuk meningkatkan pengalaman menonton pengguna. Ponsel juga memiliki resolusi tinggi 3168 x 1440 Ultra HD dengan warna 10-bit, kecepatan refresh 120Hz variabel, dan kecepatan input sentuh 240Hz.

Selain itu juga didukung chipset Oppo’s O1 Ultra Vision Engine yang secara otomatis bisa mengupgrade video 60fps ke 120fps. Selain itu, Oppo telah menyematkan teknologi yang mirip dengan tampilan True Tone Apple, yang meningkatkan warna dan kecerahan layar ke kondisi di mana penguna melihatnya.

Oppo memang ingin menjadikan layar tersebut sebagai highlight dari Find X2 Pro, sehingga di dalamnya terdapat lapisan hardware bernama 01 Ultra Vision Engine.

Chip ini dapat meningkatkan video ke 60Hz atau 120Hz, tergantung pada apa yang pengguna atur dalam telepon saat itu.

3. Kamera

Oppo Find X2 Pro memiliki tiga kamera belakang, dua dengan sensor 48MP (kamera utama dan ultra lebar). Sedangkan yang ketiga adalah kamera telefoto 13MP.

Yang terakhir memiliki lensa yang sama dengan modul Zoom dari Oppo Reno 10x Zoom sehingga mendukung 5x optical, 10x hybrid, dan 60x digital zoom.

Berdasarkan review, tidak terlalu banyak masalah dengan spesifikasi kamera ini seperti yang sudah di uji coba pada perangkat Reno.

Di bagian depan ponsel terdapat kamera depan 32MP di segmen cut-out yang disebutkan sebelumnya. Ada beberapa fitur menarik yang disertakan Oppo, seperti kemampuan ponsel untuk menangkap gambar mentah, dan autofokus berdasarkan PDAF Sony yang digunakan di kamera Sony Alpha.

Ada juga perekaman video 4K hingga 60fps. Secara umum, kamera di sini tampak cukup kuat, tetapi penyiapannya mungkin agak di bawah standar untuk ponsel andalan.

Ketika perangkat dari Samsung, Huawei, dan Xiaomi mengemas hingga lima kamera belakang, hanya dengan tiga tampaknya bisa jadi kekurangan Oppo Find X2 Pro.

Meskipun begitu, ada juga kelebihan Oppo Find X2 Pro  yang bisa diandalkan untuk spefikasi ini. Seperti warna, detail, dan ketajaman luar biasa pada lensa.

Secara keseluruhan, bagaimanapun, banyak fitur mengesankan dengan kamera ini. Sensor sudut lebar menggunakan Sony IMX586 48MP. Lensa ini menunjukkan sedikit distorsi, yang sangat indah untuk dilihat di smartphone. Warna dan ketajamannya juga lumayan bagus.

4. Daya Tahan Baterai

Kelebihan dan kekurangan Oppo Find X2 Pro  lainnya bisa dilihat dari sisi baterai.

Dalam hal masa pakai baterai, Kamu mendapatkan paket daya 4.260mAh, yang umumnya cukup murah untuk ponsel andalan. Meskipun masih ada kekurangan karena layarnya yang besar dan teknologi tampilan kelas atas, sehingga baterai mungkin tidak dapat bertahan lama. Layar adalah konsumsi daya paling signifikan untuk kebanyakan ponsel, jadi mungkin saja baterainya hanya akan bertahan sehari, dan mungkin lebih sedikit.

Tapi pengguna tidak perlu khawatir, karena Oppo Find X2 Pro menggunakan pengisian VOOC 65W Oppo, yang akan membuat perangkat dari kosong menjadi 100% membutuhkan waktu hanya 35 menit atau kurang.

Fitur tersebut memang menjadi kecepatan pengisian daya yang luar biasa, hanya ada di satu atau dua ponsel Oppo lainnya.

5. Kinerja

Ada banyak alasan untuk percaya bahwa Oppo Find X2 Pro akan menjadi pembangkit tenaga komputasi: karena ponsel ini memiliki chipset Snapdragon 865 kelas atas dan RAM 12GB.

Chipset Snapdragon ini memberi Find X2 Pro konektivitas 5G super cepat karena ada modem 5G yang terintegrasi. Sayangnya, Oppo memberi tidak menyediakan seri yang hanya 4G X2.

Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 10 terbaru, dengan UI kustom ColorOS Oppo diletakkan di atas.

Sesuatu yang patut dipertimbangkan untuk tujuan hiburan adalah Oppo Find X2 Pro memiliki speaker stereo ganda, satu di bagian bawah ponsel melalui port USB-C dan satu lagi di bagian atas layar.

Satu-satunya masalah kinerja menurut review adalah kinerja Bluetooth yang lemah. Sebelum pembaruan pertama, suara headphone Bluetooth sangat pelan.

Lebih buruk lagi, jika pengguna memegang tangan di kanan atas telepon, sinyalnya akan putus.

Oppo mengeluarkan pembaruan selama periode evaluasi, yang tampaknya memiliki volume suara tetap, tetapi sinyal Bluetooth masih terputus cukup cepat. Ini tidak seburuk sebelum pembaruan, tetapi itu tidak stabil seperti yang seharusnya.

Baca Juga: Review Game Darkstory Online: Mainkan Banyak Misi Seru Disini

Harga Oppo Find X2 Pro

Setelah melihat beberapa kelebihan dan kekurangan Oppo Find X2 Pro, lalu berapa harga ponsel ini?

Oppo Find X2 Pro akan dikenakan harga sekitar $ 1.450 (Rp 20,6 Juta), Kamu akan mendapatkan fitur penyimpanan 512GB dan RAM 12GB .

Kesimpulan

Mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo Find X2 Pro, bisa Kami simpulkan:

Kelebihan

  • Desain yang bagus dan menawan
  • Kamera yang bagus
  • ColorOS 7.1 sebagai kemajuan besar
  • Layar 120Hz yang mengagumkan
  • Pengisian daya 65W mengubah permainan
  • Tahan air dan debu dengan adanya IP68

Kekurangan

  • Terlalu mahal
  • Audio Bluetooth lemah
  • Tidak ada face unlock 3D
  • Tidak ada pengisian nirkabel

Baca Juga: Review Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 20 Pro, Gaming Bgt!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *