7 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro – Baca Dulu!

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Review kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro.

Xiaomi telah meluncurkan iterasi terbaru dari smartphone Redmi Note dengan seri Redmi Note 8. Terlepas dari Note 8 standar, merek smartphone juga menawarkan versi yang lebih premium dengan Redmi Note 8 Pro.

Perangkat akhirnya tiba di Indonesia secara resmi, jadi inilah ulasan lengkap kami.

1. Desain Xiaomi Redmi Note 8 ProRedmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro memiliki bagian belakang kaca yang melengkung dan bingkai logam bundar. Hadird dalam tiga warna yaitu Jade Green, Putih dan Abu-Abu.

Baik tampilan dan belakang dilindungi oleh Gorilla Glass 5. Di muka, layar memiliki titik embun di mana penembak 20MP berada. Terletak di atas adalah lampu notifikasi LED.

Fyi, Gorilla Glass 5 jadi pelindung terbaik dari seri Gorilla Glass. Jadi tidak perlu diragukan lagi kualitas pelindungnya.

Di tengah belakang, pengguna dapat menemukan modul kamera dan pemindai sidik jari. Pemindai dapat ditemukan tepat di bawah pengaturan quad-camera. Baik kamera dan pemindai sidik jari sedikit menonjol, membuat smartphone sedikit goyah ketika diatur pada permukaan yang datar.

Kartu SIM ganda hibrid berada di sebelah kiri, sedangkan volume dan tombol daya ada di sebelah kanan.

Kekurangan: Salah satu kekurangan dari segi desain, cenderung tidak nyaman untuk dipegang. Berkat konstruksinya yang terbuat dari kaca, kaca ini memang terasa ramping dan premium.

2. Tampilan dan Multimedia

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro lainnya, kami melihat dari sisi tampilan dan multimedia.

Ponsel dibekali dengan layar FHD + 6,53 inci. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, layar itu sendiri dilindungi dengan Gorilla Glass 5. Layarnya adalah panel IPS LCD, dan bukan panel AMOLED. Mungkin ini yang menjadi salah satu kurangnya, karena belum AMOLED.

Sementara smartphone dapat digunakan di bawah sinar matahari langsung pada kecerahan 50%. Masih disarankan untuk mengaturnya sekitar 80% secara maksimal jika menggunakan di luar ruangan.

Dari segi audio, satu-satunya pengeras suara yang mengarah ke bawah dapat menjadi sangat keras tetapi menjadi terdistorsi saat disetel secara maksimal. Pemisahan suara juga tidak terlalu bagus.

Baca Dulu:

Hampir 40 Jt, Ternyata ini Keunggulan Mi Mix Alpha 5G yang Bikin Mahal

3. OS, UI dan AplikasiOS, UI, dan Aplikasi

Mari kita lihat kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro lainnya dari segi OS, UI dan aplikasinya.

Android 9 Pie berjalan sebagai sistem operasi Note 8 Pro, dengan MIUI 10.4.2 di atasnya. Aplikasi disusun pada layar beranda dan tidak ada opsi untuk mengubahnya menjadi mode laci.

Selain itu, pengguna juga memiliki opsi untuk memilih antara mode lampu sistem-lebar atau mode gelap.

Unit yang ditawarkan menjalankan Global Stable ROM, yang berarti Anda memiliki layanan Google lengkap, termasuk aplikasi Google yang sudah diinstal sebelumnya. Tidak ada aplikasi Cina, tetapi yang sudah diinstal seperti Netflix, Facebook, Aliexpress, WPS Office, browser Opera  dan beberapa game ada di sini.

Perangkat ini datang dalam dua kapasitas penyimpanan, yaitu 64GB atau 128GB UFS 2.1. Dari 64GB, hanya sekitar 51GB dapat digunakan atau bebas. Penyimpanan dapat diperluas melalui kartu microSD tetapi melalui slot bersama.

Disini juga terlihat kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro yang meninggalkan slot MicroSD secara terpisah sehingga memaksa pengguna untuk mengorbankan salah sau SIM mereka.

Baca Dulu:

iOS 13 vs Android 10, Mana yang Lebih Baik?

4. KameraKamera

Bagaimana dari segi kamera?

Untuk kamera, Note 8 Pro memiliki resolusi kamera depan 20MP, sementara di belakang ada 64MP + 8MP ultra-lebar + 2MP makro + 2MP kedalaman quadruple setup.

Redmi menggembar-gemborkan bahwa Note 8 Pro adalah smartphone pertama yang memiliki kakap 64MP. Mari kita lihat bagaimana tarifnya.

Secara selfie, mode kamera standar menghasilkan gambar yang cukup bagus. Namun, cenderung mengekspos highlight. Meski begitu, kualitas foto terbukti konsisten bahkan di berbagai kondisi pencahayaan.

Untuk selfie potret, pemisahan subjek-latar belakang tidak terlalu besar, tetapi juga tidak seburuk itu. Potongan bokeh tampaknya agak agresif, tetapi masih cukup baik untuk digunakan di media sosial.

Sedangkan untuk kamera 64MP primer, detailnya tajam, mudah dibaca dan dipertahankan sangat baik dalam pemangkasan. Namun, reproduksi warna dalam gambar tidak tampak alami.

Note 8 Pro juga memiliki mode malam, dan kualitasnya tidak cukup mengesankan. Ada banyak noise, dan hasil jepretan terlihat agak buatan.

Untuk kamera makro cukup menarik karena memungkinkan kami untuk mendekati subjek. Dalam pencahayaan yang tepat, sangat menarik untuk melihat seberapa dekat Anda melihat semua detail.

Dari segi video, Note 8 Pro dapat memotret hingga 4K pada 30fps. Namun kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro memiliki stabilisasi gambar perangkat tidak terlalu bagus. Satu keunggulan fitur bonus dari Note 8 Pro adalah ia juga mampu merekam video menggunakan lensa makro.

Baca Dulu:

Apa Itu Sibina? Benarkah Bisa Intip Data Pengguna?

Kelebihan dan Kekurangan Android 10 yang  Harus Kamu Tahu

5. Dapur Pacu Xiaomi Redmi Note 8 ProPerforma

Yuk, lihat juga kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro dari segi dapur pacunya. Bisa dibilang, ini adalah komponen paling penting setiap smartphone.

MediaTek Helio G90T dijalankan untuk Note 8 Pro yang dipasangkan dengan RAM 6GB atau 8GB. Diketahui berikut hasil pengujian komponen dapur pacu Redmi Note 8 Pro:

  • AnTuTu Redmi Note 8 Pro: 225.989
  • Geekbench Redmi Note 8 Pro – 498 (Single-Core), 1.628 (Multi-Core), 1.769 (OpenCL)
  • PCMark Redmi Note 8 Pro – 9.969 (Work 2.0)
  • 3DMark Redmi Note 8 Pro – 2.346 (OpenGL), 2.401 (Vulkan)
  • AndroBench – 523,3 MB / s (Baca), 177,44 MB / s (Tulis)

Ada yang melaporkan bahwa chipset G90T dapat memanaskan smartphone,terutama jika digunakan untuk pekerjaan berat. Tapi sejauh ini, belum ada keluhan mengenaik note 8 pro terkait hal tersebut.

Tugas seperti meramban web dan media sosial, multitasking antar aplikasi berjalan dengan lancar tanpa perlambatan. Dari segi permainan, dapat memainkan grafik yang berat seperti Honkai Impact 3, PUBG, dan Asphalt 9 tanpa ada kelambatan atau masalah.

Untuk biometrik, Note 8 Pro telah membuka kunci wajah dan pemindai sidik jari yang dipasang di belakang, selain dari kode sandi yang biasa. Keduanya dapat respons cepat, dan penempatan pemindai sidik jari juga mudah dijangkau.

Baca Dulu:

Setara MacBook Pro, Ini Spesifikasi dan Harga iPhone 11 Pro Max

Review Lengkap Kelebihan dan Kekurangan iOS 13

6. Konektivitas dan Daya Tahan Baterai

Fitur konektivitas dasar seperti Wi-Fi, 4G LTE, dan Bluetooth hadir di Note 8 Pro. Dukungan NFC juga termasuk dalam perangkat.

Untuk menemukan lokasi dan menyematkannya di peta serta aplikasi navigasi bahkan tidak menjadi masalah. Ada juga sensor giroskop, yang memungkinkan pengguna merasakan aplikasi AR dengan smartphone.

Redmi Note 8 Pro dibekali baterai 4.500mAh dengan dukungan untuk Qualcomm Quick Charge 4+. Tes baterai PCMark menghasilkan perangkat bisa aktif selama 11 jam dan 12 menit.

Sedangkan untuk tes dari hasil testimoni pengguna, Note 8 Pro mencetak skor 17 jam 10 menit. Skor  ini sepertinya agak mengecewakan, melihat bahwa perangkat memiliki kapasitas baterai yang besar dan kuat. Sehingga bisa jadi satu note kekurangan Redmi Note 8 Pro

Membutuhkan sekitar satu setengah jam untuk mengisi Note 8 Pro hingga 100 penuh.

7. Harga yang Ramah

Untuk poin yang ini, sepertinya menjadi kelebihan dari setiap produk Xiaomi. Brand ini tidak pernah mengecewakan penggunanya dari segi harga.

Harga Xiaomi Redmi Note 8 Pro Indonesia mulai dari Rp 3,6 jutaan dengan berbagai spesifikasi canggih yang ditawarkan. Bagaimana, tertarik?

Kesimpulan

Secara keseluruhan, ponsel ini memang unggul dari segala aspek meskipun masih minus di beberapa hal. Karenap pada dasarnya pengguna tidak bisa mendapatkan apapun yang mereka inginkan hanya di sebuah smartphone saja. Demikian itulah informasi  review kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro dan semoga bermanfaat.

Baca Artikel Terkait Lainnya:

Review Spesifikasi dan Harga Huawei Nova 5T, Masih Pakai Android?

Harga Asus Zenbook Flip 13 UX362FA, Cek Kelebihan dan Kekurangannya

Bocoran Spesifikasi dan Harga Google Pixel 4, Kapan Rilis?

8 Kelebihan Vivo V17 Pro, Apa Saja yang Ditawarkan?

Dijadwalkan Rilis Tahun 2020, Ini Fitur Terbaru PlayStation 5

Review Spesifikasi dan Harga Huawei Mate 30 Pro, Apa Tersedia di Indonesia?

Resmi Rilis, Cek Harga Samsung Galaxy A70S dan Keunggulannya

One Comment on “7 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro – Baca Dulu!”

Leave a Reply

Your email address will not be published.