16 Kelebihan dan Kekurangan Linux, Ketahui Juga Jenisnya

Kelebihan dan Kekurangan Linux

Dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan secara lengkap mengenai pengertian beserta kelebihan dan kekurangan Linux.

Linux sendiri adalah salah satu sistem operasi yang saat ini cukup banyak digunakan meskipun tidak sebanyak pengguna sistem operasi Windows.

Ada beberapa alasan mengapa banyak orang yang lebih memilih linux dari pada sistem operasi lainnya.

Tentu itu karena ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sistem operasi ini.

Linux Ubuntu menjadi salah satu pilihan sistem operasi terbaik di Indonesia yang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Oleh karena itu dalam kesempatan ini kami akan memberikan review secara lengkap tentang sistem operasi Linux dan apa saja yang harus anda ketahui mengenai kelebihan dan kekurangannya.

Jadi sebelum anda memutuskan untuk memasang sistem operasi ini pada perangkat anda, simak terlebih dahulu review Kelebihan dan Kekurangan Linuxberikut.

Mengenal Tentang Sistem Operasi Linux

Kelebihan Linux
redhat.com

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kelebihan dan kekurangan sistem operasi Linux, terlebih dahulu Kami akan menyinggung sedikit mengenai sistem operasi ini.

Linux adalah sistem operasi seperti Windows di mana merupakan operasi sistem yang bersifat open source yang artinya dapat dilihat source codenya, dimodifikasi serta dikembangkan oleh siapapun.

Awal mulanya Linux ini dikembangkan dari UNIX yang mana sebagai implementasi bebas dari POSIX, Virtual Memory, Multitasking, Shared Libararies, Proper Memory Management dan Multi User.

Melihat sedikit tentang sejarah perkembangan Linux, dahulunya dibuat pertama kali oleh mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvalds.

Awal mulanya sistem operasi ini memang hanya proyek atau hobi yang diinspirasikan dari Minix, suatu sistem unix kecil yang dikembangkan Andrew Tanenbaum.

Linux versi 0.01 dikerjakan pada Agustus 1991 yang kemudian pada 5 Oktober berhasil mengembangkan sistem operasinya secara resmi melalui versi 0.92.

Untuk saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap untuk memenuhi berbagai kebutuhan terutama dalam pengembangan software maupun untuk pekerjaan sehari-hari.

Bahkan bisa dikatakan Linux menjadi alternatif sistem operasi murah apabila dibandingkan dengan sistem operasi komersial lainnya termasuk Windows.

Meski begitu Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat, karena sistem operasi tersebut dikembangkan oleh beragam orang dengan latar belakang berbeda dari tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis.

Ada banyak aplikasi Linux yang bisa digunakan untuk keperluan perkantoran seperti word processor, spreadsheet, database dan program editor grafis yang mempunyai fungsi serta tampilan mirip seperti pada Microsoft office.

Tentunya segala aplikasi atau software yang akan digunakan di sistem operasi Linux juga harus mendukung sistem operasi ini. Yuk, cek Kelebihan dan Kekurangan Linux disini.

Kelebihan dan Kekurangan Linux

Kelebihan Sistem Operasi Linux

Setelah melihat sedikit tentang sistem operasi Linux dan awal mula berdirinya, sesuai yang kami janjikan bahwa di sini akan mengulas beberapa kelebihan dan kekurangan sistem operasi ini.

Jadi bagi para pengguna komputer yang hendak melakukan instalasi sistem operasi Linux, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa kelebihan Linux berikut ini:

1. Sistem Open source

GNU/Linux, termasuk Ubuntu di mana mereka adalah sistem operasi yang berdiri di atas lisensi open source atau terbuka.

Gal itu memungkinkan sistem operasi ini dapat digunakan secara bebas tanpa perlu membeli lisensi layaknya pada sistem operasi Windows.

Setiap orang bahkan bebas berkontribusi untuk melakukan pengembangan dari sistem operasi ini agar menjadi lebih baik kedepan.

Sehingga sistem operasi ini layak untuk dipertimbangkan, terutama bagi para programer agar dapat membantu Linux untuk mencapai kepentingan atau keinginan penggagas sistem operasi tersebut.

2. Tidak Rentan Terhadap Virus

Keunggulan lainnya dari sistem operasi Linux yaitu aman dari serangan berbagai virus karena sistem operasi ini termasuk lebih kebal dari pada Windows.

Meskipun begitu sistem operasi ini bukan berarti aman dari segala jenis virus, hanya saja dia lebih kebal atau tidak rentan terhadap infeksi virus dan malware seperti yang banyak dihasilkan oleh pengguna komputer.

Hal itu karena sistem operasi Linux ini bekerja dengan memperketat keamanan misalnya mengharuskan pengguna untuk menjadi administrator ketika menjalankan program tertentu.

Linux juga meminta pengguna untuk mengeksekusi kode tertentu serta berbagai macam hal lainnya dalam urusan keamanan.

Mungkin ini jugalah yang menjadi alasan mengapa banyak developer atau program yang lebih memilih untuk menggunakan Linux Ubuntu dari pada sistem operasi lainnya m

3. Aplikasi Bawaan Relatif Lengkap

seperti yang kita tahu bahwa saat menggunakan sistem operasi maka kita mendapatkan bandel aplikasi atau aplikasi sistem tanpa harus melakukan instalasi secara manual.

Termasuk juga pada sistem operasi Linux, aplikasi bawaan pada sistem operasi ini relatif lebih lengkap.

Bahkan ketika pengguna ingin suatu sistem operasi dengan tujuan khusus seperti penetration testing bisa didapatkan melalui Linux ini.

Sehingga pengguna tidak perlu menginstalnya secara manual atau mempersiapkan aplikasi tambahan lagi.

Selain itu, aplikasi kantor/ office, multimedia serta pengarsipan atau lainnya juga sudah disediakan secara lengkap di sistem operasi ini.

4. Driver yang Relatif Lengkap

Selain dari sisi aplikasi, terkadang driver yang tidak dapat terinstal sebagaimana mestinya bisa menyebabkan pekerjaan kita menjadi terhambat.

Tapi hal itu tidak perlu Anda khawatirkan jika menggunakan sistem operasi Linux ini karena mendukung driver yang semakin luas dan berkembang.

Sehingga dengan menggunakan sistem operasi Linux ini pengguna tidak perlu khawatir.

Karena meskipun driver yang Anda pasang tidak dapat digunakan untuk menjalankan perangkat keras yang Anda miliki , namun masalah tersebut bisa diatasi jika menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu.

5. Software Center Relatif Mumpuni

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh sistem operasi Linux Ubuntu yaitu software center relatif mumpuni.

Dengan adanya software center tersebut memungkinkan Anda dapat menginstal aplikasi dengan cepat dan mudah.

Adanya perkembangan software manager Linux seperti flatpack, maka penggunaan software center menjadi semakin mudah dalam mencari aplikasi sesuai keinginan dan kebutuhan.

keunggulan ini juga memungkinkan anda untuk melakukan instalasi aplikasi apapun tanpa memerlukan waktu lama.

6. User Interface yang Ramah Pengguna

Bagi yang belum pernah menggunakan Linux Ubuntu mungkin agak kesulitan memahami tampilan muka atau interface dari sistem operasi ini.

Namun jika sudah terbiasa menggunakan Linux maka anda akan merasakan user interface yang ramah pengguna di sini.

Bisa dikatakan tampilan antarmuka dari sistem operasi ini menjadi salah satu tampilan yang cukup karena penggunaan huruf, icon dan lainnya bisa disesuaikan dengan selera pengguna.

Mungkin inilah yang juga membedakan antara Linux dengan Windows karena anda bisa memodifikasi tampilan muka sesuai keinginan.

7. Lebih Ringan Digunakan

sistem operasi Linux juga diyakini lebih ringan digunakan karena menggunakan lebih sedikit sumber daya sistem seperti ram, ruang disk dan lainnya.

Jika dibandingkan dengan Windows, Linux lebih ringan digunakan terutama pada komputer dengan spesifikasi menengah ke bawah.

Banyak juga vendor perangkat keras yang telah menyadari popularitas dari sistem operasi Linux sehingga mereka secara khusus membuat perangkat keras yang sesuai dengan sistem operasi ini.

Sapat dikatakan bahwa dalam penggunaan sistem operasi Linux tidak membutuhkan spesifikasi komputer tinggi.

Selain itu sistem operasi Linux ini juga lebih ramah digunakan.

Meskipun pada sistem operasi Windows mempunyai kurva belajar yang relatif lebih minim namun untuk distro Linux seperti elementary OS, Ubuntu, linuxmint atau lainnya dapat meningkatkan pengalaman pengguna yang membuat transisi Windows ke Linux lebih mudah dan halus.

melalui distro Linux memungkinkan pengguna dapat memilih sendiri berbagai lingkungan desktop seperti KDE, Xfce, LXDE, Cinnamon, MATE.

Seandainya pengguna Windows yang bermigrasi menggunakan Linux, maka WINE bisa diinstal untuk merasakan aplikasi Windows melalui sistem Linux.

8. Sempurna Untuk Pemrograman

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya bahwa sistem operasi Linux si ini sangat cocok untuk programmer.

Di Linux sini hampir mendukung semua bahasa pemrograman utama seperti Perl, Ruby, Python, C / C ++, Java dan lainnya.

Ditambah lagi sistem operasi Linux juga menawarkan berbagai aplikasi yang sangat berguna untuk mendukung kegiatan dalam pemrograman.

Terminal Linux bisa dikatakan lebih unggul daripada baris perintah di sistem operasi Windows untuk para pengembang atau developer.

Pengguna dapat menemukan banyak perpustakaan yang dikembangkan secara asli untuk sistem operasi ini.

Banyak programmer menunjukkan bahwa paket di sistem operasi Linux membantu mereka menyelesaikan sesuatu dengan mudah.

Dan yang lebih menarik lagi, Linux mempunyai kemampuan scripting bash yang juga merupakan salah satu alasan paling menarik mengapa programer lebih menyukai penggunaan sistem operasi ini.

9. Driver Sudah Disertakan

Biasanya saat pertama kali kita menginstal sistem operasi Windows maka harus menggunakan driver.

Seringkali tugas dalam menemukan driver yang tepat tersebut menjadi pekerjaan yang sulit.

Namun lain halnya dengan sistem operasi Linux dimana sebagian besar driver tersebut didukung langsung oleh kernel Linux.

Itu artinya seperti plug and play maka pada sistem operasi ini tidak ada masalah dengan driver.

10. Pembaruan Perangkat Lunak

Weperti yang kita tahu bahwa pembaruan perangkat lunak di butuhkan saat menerima serangkaian masalah atau sebagai suatu tindakan yang harus memperbaiki.

Namun dalam pembaruan di Linux sini agak berbeda dari sistem operasi lainnya.

Dimana pengguna akan diberitahu secara teratur bahwa pembaharuan telah tersedia.

Menariknya pembaruan tersebut tidak hanya mencakup dari pembaruan sistem dan keamanan saja, melainkan juga pembaruan yang tersedia untuk berbagai aplikasi yang diinstal.

Tidak seperti di sistem operasi Windows di mana anda tidak perlu menunggu saat shutdown maupun waktu mulai.

11. Dukungan Kustomisasi

Sepertinya memang ada banyak sekali keuntungan yang bisa dirasakan jika menggunakan sistem operasi Linux dari pada Windows, termasuk dukungan kustomisasi.

Terutama bagi pengguna yang suka mengubah tampilan sistem makalah sistem operasi Linux sini sepertinya cocok digunakan.

Di sini anda tidak hanya bisa memasang tema saja namun juga ada berbagai icon tema bagus yang menambah pengalaman interface lebih menyenangkan.

Selain itu pengguna juga dapat menggunakan Conky yang berguna untuk menampilkan informasi sistem pada desktop dengan cara yang menarik.

Anda juga akan mendapatkan banyak koleksi wallpaper Linux dari beragam kategori yang tidak ditemui pada sistem operasi Windows.

12. Tidak Ada Crash dan Reboot

Hal menarik lainnya yang ditawarkan oleh sistem operasi Linux yaitu tidak ada crash dan reboot seperti yang sering ditemui pada perangkat Windows.

Saat menggunakan Windows mungkin sesekali anda akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan restart atau mulai ulang perangkat.

Belum lagi dengan berbagai notifikasi yang membingungkan seperti pembaruan kristis, definisi, keamanan, pembaruan, paket layanan serta lainnya.

Dan masalah paling sering dialami oleh pengguna Windows yaitu sering mendapatkan notifikasi untuk melakukan reboot system setiap menerapkan pembaruan.

Tapi tenang saja, Anda tidak akan mendapatkan masalah tersebut jika menggunakan sistem operasi Linux.

Bahkan meskipun Linux sedang melakukan pembaruan perangkat lunak atau menghapus maupun menginstal suatu software umumnya tidak perlu melakukan reboot pada mesin.

Sebagian besar perubahan konfigurasi pada sistem operasi Linux dilakukan pada saat posisi standby.

13. Memiliki Banyak Distribusi

Saat menggunakan Windows mungkin anda akan mempunyai paket-paket berbeda dalam persyaratan lisensi termasuk periode aktivasi, fitur yang dikemas serta harganya.

Namun pada sistem operasi Linux ini mempunyai banyak distribusi yang dapat melayani berbagai kebutuhan.

Jadi Anda bisa memilih untuk menginstal distro Linux yang tersedia sesuai dengan kebutuhan masing-masing yang diinginkan.

Selain itu hal ini secara bebas digunakan pada desktop, firewall, server maupun server web.

Karena seperti yang telah kami singgung sebelumnya bahwa Linux menjadi sistem operasi open source dan memungkinkan anda untuk melakukan modifikasi sumber sesuai kebutuhan.

Sehingga dengan sistem operasi ini memungkinkan anda untuk menginstal perangkat lunak yang hanya dibutuhkan saja tanpa perlu bloatware.

Sistem operasi ini memberi kebebasan penuh untuk menginstal aplikasi open source di repository yang luas.

14. Dukungan Masyarakat Terhadap Linux Lebih Baik

Mungkin hal terbaik lainnya yang ditawarkan oleh sistem operasi Linux yaitu memiliki dukungan masyarakat yang cukup baik.

Karena komunitas Linux cukup tersebar luas di seluruh dunia termasuk Indonesia sehingga Anda tidak akan merasa sendirian meskipun menggunakan sistem operasi bukan Windows seperti yang banyak digunakan.

Ada banyak sekali blog yang juga mengulas tentang Linux dan Anda juga bisa mampir ke forum-forum diskusi seperti stackoverflow atau github jika mengalami masalah pada sistem operasi Linux yang Anda gunakan.

15. Keandalan yang Mumpuni

Tak bisa dipungkiri bahwa sistem operasi Windows dari hari demi hari semakin lambat digunakan sehingga banyak orang yang mulai beralih ke sistem operasi ini.

Lambatnya sistem operasi Windows tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal terutama bagi yang menggunakan perangkat laptop atau komputer dan spesifikasi rendah.

Biasanya ditandai dengan masalah crash atau perlambatan pada sistem saat memulai.

Namun jika Anda menggunakan sistem operasi Linux sepertinya tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut karena sistem ini berjalan lebih cepat dan lancar daripada Windows.

Linux membantu sistem Anda berjalan dengan lancar untuk periode waktu yang lebih lama.

Fakta lainnya juga membuktikan bahwa Linux ini bisa diandalkan sebagai server web.

Jika diamati Anda bisa melihat bukti keandalan dari Linux tersebut dari raksasa teknologi seperti Google dan Facebook yang dijalankan melalui Linux.

Bahkan perlu diketahui bahwa hampir semua super komputer saat ini dijalankan melalui sistem operasi Linux.

16. Unggul dalam Segmen Server

Masih membicarakan tentang keunggulan keunggulan yang ditawarkan dari sistem operasi Linux.

Perlu diketahui juga bahwa Linux unggul dalam segmen server yang menunjukkan sebagian besar server dijalankan pada sistem operasi ini.

Saat aplikasi perangkat lunak pindah ke platform cloud maka pada sistem server di Windows akan dihapus untuk memberikan ruang bagi Linux server.

Meskipun pertempuran antara Windows dan Linux masih berlanjut di segmen desktop namun Linux berkembang sebagai pemenang yang sudah dapat dipastikan apalagi sejak digunakan pada mayoritas super komputer sekarang ini.

Hal itu dikarenakan pengguna yang menginginkan aplikasi mereka dapat berjalan tanpa downtime yang terbatas.

Pada intinya Linux menjadi favorit bagi sebagian besar pusat data sekarang ini.

Dengan melihat berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh sistem operasi Linux di atas sepertinya tak heran jika sistem operasi ini memang telah digunakan di mana-mana.

Dari perangkat terkecil hingga super komputer terbesar sudah banyak yang menggunakan Linux sebagai sitem operasi dasarnya.

Mulai dari penggunaan di mobil, telepon, router, perangkat medis, pesawat, jam tangan, satelit, TV hingga perangkat elektronik canggih lainnya telah banyak yang memilih sistem operasi ini.

Bahkan kesuksesan tersebut tidak terbayangkan oleh penemu Linux, Linus Torvalds.

Kekurangan Linux Ubuntu

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh Linux Ubuntu seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, bukan berarti sistem operasi ini sempurna 100%.

Karena masih ditemukan juga beberapa kelemahan dari sistem operasi ini.

Berikut kami telah merangkum beberapa kekurangan dari Linux Ubuntu yang harus anda ketahui sebelum menggunakannya:

1. Tampilan yang Menuntut Adaptasi

Jika belum terbiasa menggunakan sistem operasi Linux semangka membutuhkan tahap adaptasi terlebih dahulu dengan interface yang dimiliki oleh sistem operasi ini.

Pengguna juga dituntut untuk mempelajari mengenai terminal, serta berbagai kemungkinan masalah yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

Karena dalam beberapa kasus bisa saja tahap adaptasi ini akan menyulitkan pengguna yang ingin mendapatkan pengalaman pertama dengan mudah.

Meskipun sebelumnya kami memberikan ulasan bahwa sistem operasi Linux memiliki interface yang ramah penggunaan, namun jika anda tidak terbiasa maka butuh beberapa waktu untuk mengenalinya terlebih dahulu.

Tapi bukan berarti tak bisa, dengan belajar secara mendetail dan bertahap pasti lama kelamaan juga akan memahami tampilan dari sistem operasi ini agar mendapatkan pengalaman seperti yang diinginkan.

2. Aplikasi Sistem Terbatas

Mengingat sistem operasi Linux ini adalah sistem operasi yang open source sehingga tidak banyak aplikasi sistem yang ada di sini.

Sehingga kelemahan dari Linux Ubuntu ini dirasakan oleh penggunanya karena mempunyai aplikasi sistem yang relatif lebih sedikit daripada sistem operasi lainnya seperti Windows.

Hal itu dikarenakan dalam pengembangan aplikasi untuk sistem operasi Linux membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Sehingga pada kebanyakan developer hanya berfokus untuk mengembangkan aplikasi di satu sistem operasi saja dan biasanya Windows.

Namun itu bukan menjadi penghalang bagi para developer untuk memanfaatkan sistem operasi Linux karena sifatnya yang open source.

3. Kurang Cocok Untuk Aktivitas Gaming

Kekurangan yang ketiga dari sistem operasi Linux sini yaitu kurang cocok digunakan oleh aktivitas gaming.

Hal itu dikarenakan belum banyak aplikasi game PC yang kompatibel untuk dijalankan pada sistem operasi Linux.

Sehingga pengalaman bermain game sepertinya akan kurang jika menggunakan atau menjalankan sistem operasi ini.

Namun tentunya itu tergantung dari kebutuhan masing-masing pengguna komputer atau laptop apakah mereka akan fokus bermain game atau tidak.

Karena tidak semua pengguna komputer menggunakan perangkat mereka untuk tujuan gaming.

Sehingga kekurangan ini sepertinya tidak akan menjadi masalah serius.

15 Cara Mengatasi Komputer Lemot, Nggak Perlu Service!

Jenis-jenis Sistem Operasi Linux

Setelah melihat beberapa Kelebihan dan Kekurangan Linux , sebagai bonus informasi di sini kami akan membagikan jenis-jenis Linux yang harus anda ketahui.

Karena seperti yang kita tahu bahwa sistem operasi Linux terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsinya yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak berikut jenis-jenis sistem operasi Linux:

Red Hat Linux

Bagi yang sedang mencari sistem operasi Linux sedangkan proses instalasi ringan dan mudah sepertinya bisa menggunakan jenis OS Linux yang satu ini.

Redhat Linux menjadi sistem operasi Linux yang tergolong cukup tua mulai dari kemudahannya hingga mode tampilan grafis saat instalasi serta pemakaian yang ramah.

Saat ini versi terakhir dari Redhat Linux adalah Distribusi RedHat Linux 9.0 yang merupakan versi stabil serta perbaikan untuk peningkatan administrasi sistem yang dilengkapi dengan desktop manager terbaru.

Debian Linux

Debian Linux adalah tipe sistem operasi Linux lainnya yang telah dikembangkan sejak tahun 1999 yang lalu.

Hingga saat ini Debian Linux telah memasuki versi ke-8.

Bagi Anda yang sedang mencari sistem operasi Linux untuk komputer server sepertinya Debian Linux ini sangat cocok digunakan.

Selain itu juga cocok digunakan sebagai sistem operasi pada komputer admin.

Akan tetapi sistem operasi Linux sini kurang cocok digunakan untuk tujuan personal karena memang memiliki sistem yang lebih cenderung ke server dan admin.

Ubuntu Linux

Ubuntu menjadi tipe sistem operasi dari Linux yang dikembangkan dari jenis Debian.

Yang membedakan keduanya di mana untuk sistem operasi Ubuntu ini tidak hanya pada komputer server dan komputer Amin tapi juga cocok untuk penggunaan pada komputer personal maupun pribadi.

Pada pengembangannya proyek Ubuntu dibiayai oleh Canonical LTD sebuah perusahaan milik Mark Shuttleworth.

Sejak saat itu versi Ubuntu yang baru selalu diperbarui setiap enam bulan sekali.

Setiap perilisan didukung dengan pembaruan sistem, keamanan serta perbaikan kesalahan.

Sepertinya untuk versi terbaru dari sistem operasi Linux jenis ini yang paling cocok digunakan oleh hampir segala kebutuhan di perangkat komputer anda.

Bahkan sistem operasi Ubuntu Linux sini juga telah banyak digunakan pada smartphone, tablet dan smart TV.

Linux Mint

Jika Linux Ubuntu yang sebelumnya adalah perkembangan dari Debian, sementara untuk jenis Linux yang satu ini dikembangkan dengan dasar Ubuntu.

Sistem operasi Linux mint dikembangkan untuk penggunaan pribadi atau personal yang terbagi menjadi dua varian yaitu Mate dan Cinnamon.

Untuk varian Cinnamon lebih modern daripada varian mate hanya saja belum banyak mendukung kartu grafis untuk beberapa laptop atau komputer dibandingkan dengan varian matte.

Fedora Linux

Awalnya diberi nama fedora core namun juga sering disebut sebagai fedora Linux sebagai sebuah distro Linux berbasis RPM dsn YUM.

Untuk jenis Linux sini dikembangkan oleh fedora go-jek yang didukung oleh komunitas pemrograman serta dalam pembangunannya disponsori oleh Red Hat.

Saat ini versi terbaru dari fedora Linux adalah Fedora 24.

Fedora 24 di klaim mempunyai banyak keunggulan dari sisi patrol maupun aplikasinya.

Diantaranya seperti versi Glitch Free untuk PulseAudio, Audit dan Intrunsion Detection Sectool, Sistem Security, dan Package Framework.

Namun varian ini juga masih memiliki kekurangan di mana update tidak teratur Linux Ubuntu dikarenakan masih dalam proses pengembangan lebih lanjut.

SuSE Linux

SuSE Linux menjadi pilihan sistem operasi Linux lainnya yang cukup diminati terutama di negara-negara Eropa.

Keunggulan yang ditawarkan oleh sistem operasi Linux ini yaitu memiliki desain sederhana serta mudah dalam mengelolanya.

Terlebih dengan adanya bilang bahasa Indonesia sehingga memudahkan pengguna untuk mengaplikasikan sistem operasi ini di komputer mereka.

CentOS Linux

CentOS juga menjadi salah satu sistem operasi dari Linux berbasis enterprise yang dibangun melalui Linux framework.

Sistem operasi tersebut pertama kali dirilis di tahun 2004 dan saat ini menjadi salah satu yang terbesar serta terpopuler di kalangan pengguna Linux.

Namun sistem operasi ini kurang cocok digunakan untuk pemula meskipun dikembangkan dan bisa digunakan secara gratis.

Sistem operasi Linux ini lebih cocok digunakan oleh pengguna server yang memiliki pengetahuan lebih serta mempunyai kemampuan penggunaan Linux.

Untuk pengguna yang sering melakukan pemrograman komputer juga cocok menggunakan sistem operasi ini.

Slackware Linux

Slackware Linux juga bisa jadi pilihan lainnya bagi Anda yang mencari sistem operasi Linux.

Namun jenis ini menjadi yang paling tua dibandingkan macam-macam sistem operasi Linux lainnya seperti yang telah kami sebutkan diatas.

Slackware Linux sendiri awalnya adalah proyek pribadi dan bukan untuk tujuan pengembangan yang lebih serius.

Akan tetapi sekarang Slackware Linux telah digunakan untuk umum, meskipun di pasaran kurang diminati keberadaannya.

Itulah beberapa jenis sistem operasi Linux yang mungkin bisa jadi rekomendasi bagi Anda yang sedang mencari Linux OS yang paling tepat sesuai kebutuhan.

10 Merk Speaker Aktif Paling Bagus Suaranya, BOOM!

F.A.Q

Apa itu Linux?

Linux adalah sistem operasi seperti Windows di mana menjadi operasi sistem yang bersifat open source yang artinya dapat dilihat source codenya, dimodifikasi serta dikembangkan oleh siapapun.

Linux adalah pilihan lainnya dari sistem operasi Windows yang saat ini cukup banyak digunakan terutama di kalangan para programer.

Apa saja kelebihan penggunaan sistem operasi Linux?

Ada banyak sekali kelebihan atau keunggulan yang ditawarkan oleh sistem operasi Linux, terutama dari sifatnya yang open source sehingga mudah untuk dimodifikasi ketika seorang programer mengembangkan suatu aplikasi atau software.

Apakah sistem operasi Linux gratis?

Ya, gratis. sistem operasi ini bisa didapatkan secara gratis dan diinstal pada perangkat apapun meskipun berspesifikasi rendah.

Karena untuk menjalankan sistem operasi ini banyak yang mengklaim cukup ringan digunakan dan tidak terlalu memberatkan kinerja komputer.

Akhir Kata

Demikian itulah penjelasan secara lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan Linux beserta informasi jenis-jenis sistem operasi Linux yang ada saat ini.

Dari penjelasan tersebut semoga bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang sedang mencari apa yang menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *