Harga Asus Zenbook Flip 13 UX362FA, Cek Kelebihan dan Kekurangannya

Asus Zenbook Flip 13 UX362FA

Sebelum beli, cek dulu apa saja kelebihan dan kekurangaan  serta harga Asus Zenbook Flip 13 UX362FA. Ada banyak alasan mengapa Zenbook Flip UX362 adalah laptop 2-in-1 yang bagus saat ini.

Perangkat ini lebih kecil dari semua alternatif laptop lainnya di pasaran. Meskipun begiut tidak mengorbankan fungsionalitas, fitur dan kinerjanya.

Lebih jauh tentang Asus Zenbook Flip 13 UX362FA, simak review lengkapnya beikut ini.

Review Asus Zenbook Flip 13 UX362FAHarga Asus Zenbook Flip 13 UX362FA

Sebelum membahas tentang harga Asus Zenbook Flip 13 UX362FA, mari baca dulu review lengkap tentang perangkat laptop ini.

Seperti namanya, laptop ini adalah konversi 2-in-1 premium dengan layar yang dapat berputar 360 derajat. Perangkat dibangun di atas platform perangkat keras Intel Whiskey Lake yang terbaru.

Flip UX362FA bisa dikatakan sebagai pembaruan signifikan dari generasi sebelumnya. Didesain dengan tapak yang lebih kecil, bezel yang lebih ramping, keyboard dengan lampu latar dan sasis yang dirancang ulang untuk membantu ergonomi dan pendinginan.

Tapi sepertinya  Zenbook Flip 2018 hanya puas dengan layar lebih redup dan baterai lebih kecil daripada seri Zenbook Flip UX360 yang lama.

Asus melalui Flip UX362FA menawarkan beberapa konfigurasi yaitu prosesor Whiskey Lake i5-8265U atau i7-8565U, RAM 8/16 GB dan penyimpanan SATA atau NVMe.

Baca Juga:

Daftar Harga iPhone 11 di Singapura & Hong Kong

Skor AnTuTu iPhone 11 Pro Max

Setara MacBook Pro, Ini Spesifikasi dan Harga iPhone 11 Pro Max

Desain dan Tampilan Asus Zenbook Flip 13 UX362FA

Perangkat ini menjadi laptop 2-in-1 built-in terkecil dan terbaik di pasar. Bahkan menjadi pesaing serius untuk posisi tertinggi di podium perangkat laptop sekarang.

Asus juga menerapkan variasi engsel pengangkat Ergo mereka di sini. Laptop ini pada dasarnya menggunakan kaki karet kecil yang diletakkan di bagian bawah layar sehingga menciptakan posisi mengetik yang sedikit miring. Selain itu juga memungkinkan aliran udara yang lebih baik di bawahnya.

Ada engsel Ergolift pertama kali diterapkan pada jajaran Zenbook S, memungkinkan layar untuk berputar ke 360 ​​derajat. Sehingga pengguna dapat menggunakan Flip ini sebagai notebook biasa, sebagai tablet atau sesuai kebutuhan.

Sebagai tablet, Flip UX362FA jauh lebih nyaman untuk dipegang dan digunakan daripada seri pendahulunya.

Sebenarnya tidak banyak yang bisa dikeluhkan dalam hal desain dan kualitas rancangan dari laptop ini.

Laptop sebagian besar terbuat dari aluminium, dengan plastik yang digunakan untuk tepi belakang, penutup engsel dan bagian bawah. Logo Asus pada kapnya terlihat lebih gelap dari pada ZenBooks lainnya.

Anda bisa memilih Zenbook UX362 dalam varian Royal Blue atau Gun Grey.

Selain itu, ada USB ukuran penuh dan HDMI 1.4, di sampingnya ada dua slot USB-C. Akan tetapi di sisi lainnya ada port ukuran penuh yang hanya mendukung kecepatan USB-A 2.0 dan port USB-C. Agak lambat dan tanpa Thunderbolt 3, tidak seperti kompetitor lainnya

Keyboard dan trackpad

Flip UX362FA adalah typer yang cukup bagus. Memiliki tata letak keyboard Asus yang cukup standar, dengan tombol utama berukuran 15×15 mm. Desain panah lebih pendek dan ditempatkan dengan posisi yang paling baik.

Menggunakan jenis keyboard pendek seperti kebanyakan ultra-portabel lainnya. Menurut hasil uji, dapat mencapai kecepatan mengetik sekitar 80 wpm dengan akurasi di atas 95%.

Keyboard memiliki cahaya latar, dengan LED putih per tombol dengan tiga pilihan tingkat intensitas untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Pengguna juga bisa mengaktifkan iluminasi dengan mengusap jari Anda di atas bidang sentuh.

Clickpad berfungsi dengan baik dengan ukuran rata-rata dan terbuat dari kaca. Selain itu juga mendukung driver Precision, sehingga cukup bisa diandalkan untuk menangani gesekan sehari-hari dengan lancar. Klik fisiknya lembut dan tenang, jadi tidak ada yang perlu dikeluhkan di sini.

Hardware, Kinerja dan Peningkatan

Zenbook UX362FA dibangun pada platform Intel Whiskey Lake, dengan dukungan memori LPDDR3 hingga 16 GB dan penyimpanan M.2 NVMe.

Menggunakan konfigurasi ujung yang lebih tinggi dengan prosesor Core i7-8565U, 16 GB RAM dan 512 GB Hynix HFS512GD9TNG SSD. Sedangkan untuk model mid-range menggunakan CPU i5-8265U, 8 GB RAM dan 256 GB SATA SSD.

Penyimpanan dapat diupgrade, tetapi memorinya tidak bisa. Jadi sebaiknya Anda menggunakan konfigurasi i7/ 16 GB jika akan digunakan untuk menjalankan tugas-tugas yang menuntut kinerja berat pada komputer.

Whiskey Lake Core i7-8565U adalah prosesor quad-core dengan HyperThreading, kecepatan clock default 1,8 GHz dan kemampuan Turbo hingga 4,6 GHz.

Frekuensi Turbo yang tinggi hanya untuk waktu yang terbatas, karena membutuhkan peningkatan TDP. Hal ini bisa menyebabkan suhu CPU meningkat dengan cepat. Tetapi Asus melakukan pekerjaan yang cukup baik pada Flip UX362.

Dengan tenaga ini, kira-kira berapa harga Asus Zenbook Flip 13 UX362FA?

Baca Juga:

Review Lengkap Kelebihan dan Kekurangan iOS 13

Apa Itu Sibina? Benarkah Bisa Intip Data Pengguna?

Kelebihan dan Kekurangan Android 10 yang  Harus Kamu Tahu

Daya tahan baterai

Ada baterai 50 Wh di dalam Zenbook UX362, termasuk ukuran rata-rata dikelasnya. Sebagai perbandingan, Spectre x360 mendapat baterai 60 Wh, sedangkan Yoga 730 13 mendapat baterai 48 Wh.

Berikut ini beberapa hasil pengujian daya tahan baterai:

  • 7,5 W kurang lebih 6 jam 30 menit penggunaan untuk pengeditan teks di Google Drive, Better Battery Mode, layar 40%, Wi-Fi ON.
  • 7,1 W kurang lebih 7 jam penggunaan pada 1080p Youtube fullscreen di Edge, Better Battery Mode, layar 40%, Wi-Fi ON.
  • 6 W kurang lebih 8 jam 15 menit penggunaan pada 1080p Netflix video layar penuh di Edge, Better Battery Mode, layar 40%, Wi-Fi ON.
  • 6,9 W kurang lebih 7 jam penggunaan pada penggunaan Video .mkv layar penuh 4K dalam aplikasi Film, Mode Baterai Lebih Baik, layar 40%, Wi-Fi AKTIF.

Menggunakan pengisi daya 45 W yang ringkas dengan dukungan pengisian cepat dan kemampuan mengisi 60% baterai dalam waktu sekitar 50 menit. Di sisi lain, pengisian penuh membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenbook Flip 13 UX362FA

Melalui spesifikasi yang ditawarkan, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Asus Zenbook Flip 13 UX362FA, diantaranya:

Kelebihan Zenbook Flip 13 UX362FA

  • Memiliki desain dengan bentuk kecil termasuk bagian dezel-nya
  • Elegan dengan penampilan sederhana, solid dan keahlian yang mumpuni
  • Desain maupun performa keyboard dan touchpad yang bagus
  • Dibekali dengan layar berkualitas baik
  • Tidak mudah panas dan cenderung sejuk untuk penggunaan sehari-hari dengan beban yang banyak
  • speaker punchy

Kekurangan Zenbook Flip 13 UX362FA

  • Layar cenderung redup sehingga cukup sulit digunakan di lingkungan yang terang
  • IO terbatas, tidak ada TB3 atau pembaca kartu
  • Kipas selalu aktif setiap saat dan muncul suara
  • Tidak ada peningkatan signifikan dalam hal baterai

Harga Asus Zenbook Flip 13 UX362FA

Zenbook Flip UX326 13-inci mungkin belum banyak ditemukan di toko. Tapi biasanya ASUS menyediakan store untuk pembelian secara online.

Dikabarkan harga Asus Zenbook Flip 13 UX362FA mencapai RP 19 jutaan untuk varian i7-8565U, 16GB, 1TB.

Untuk varian yang lebih murah sekitar Rp 15 jutaan yaitu  model prosesor Core i5-8265U 8 GB RAM.

Itulah review lengkap tentang spesifikasi dan harga Asus Zenbook Flip 13 UX362FA.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sudah Pakai VOOC 4.0, Ini Bocoran Spesifikasi dan Harga Oppo K5

8 Kelebihan Vivo V17 Pro, Apa Saja yang Ditawarkan?

Review Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab S6

 

4 Comments on “Harga Asus Zenbook Flip 13 UX362FA, Cek Kelebihan dan Kekurangannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *