Pengertian dan Contoh Program Visual Basic

Bagi yang sudah bekerja atau sedang menekuni ilmu pemrograman pasti tidak asing dengan istilah visual basic atau biasa disebut VB.

Dalam pembahasan kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai pengertian, sejarah dan contoh program visual basic.

Jadi yang masih newbie dalam dunia visual basic, di sini kami akan memberikan penjelasan secara lengkapnya.

Pengertian Visual Basic

Secara harfiah, visual basic diartikan sebagai bahasa pemrograman berbasis event generasi ketiga dan Integrated Development Environment (IDE) dari Microsoft.

Visual basic dihadirkan sebagai model pemrograman  Component Object Model (COM) yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1991.

Harapannya dengan karya visual basic ini menjadi sesuatu yang mudah dipelajari dan digunakan.

Visual basic sendiri berasal dari kata basic yang artinya bahasa pemrograman yang ramah pengguna atau user friendly sehingga dirancang untuk pemula.

VB memungkinkan pengembangan aplikasi grafis antarmuka yang cepat, access ke database menggunakan Data Access Objects, Remote Data Objects, atau ActiveX.

Setiap programmer bisa membuat aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang telah disediakan oleh program VB itu sendiri.

Proklamasi dapat membangun aplikasi menggunakan program-program yang ditulis pada VB yang juga bisa menggunakan Windows API, namun membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.

Struktur Aplikasi Visual Basic

Adapun berikut ini struktur aplikasi Visual basic beserta penjelasannya masing-masing:

  • Control Menu: menu yang digunakan untuk memanipulasi jendela Visual basic di mana dari menu ini anda bisa mengubah ukuran, memindahkannya serta menutup jendela.
  • Menu: menu ini berisi semua perintah Visual basic yang bisa dipilih untuk melakukan tugas tertentu. Isi dari menu sebagian hampir sama dengan program program Windows umumnya.
  • Toolbar: berupa tombol-tombol atau shortcut yang mewakili suatu perintah tertentu dari Visual Basic.
  • Project Explorer: adalah jendela yang mengandung semua file yang ada di dalam aplikasi Visual Basic. Setiap aplikasi di dalam VB disebut sebagai proyek dan setiap proyek bisa mengandung lebih dari satu file. dalam project Explorer ini akan menampilkan aplikasi proyek, form, modul, class dan lainnya.
  • Form Window: disebut juga sebagai jendela form sebagai tempat kerja utama membuat program program aplikasi Visual Basic.
  • Toolbox: sebuah kotak yang mengandung semua objek yang diperlukan untuk membentuk suatu program aplikasi. Kontrol ini akan menjadi penghubung antara program aplikasi dan usernya serta semuanya harus diletakkan dalam jendela.
  • Jendela Properties: perupa jendela yang memuat informasi objek yang terdapat pada aplikasi VB. Properti yang dimaksud tersebut adalah sifat dari objek seperti nama, ukuran, warna, posisi dan lainnya.
  • Form Layout Window: jendela yang menggambarkan posisi form yang ditampilkan di layer monitor. Posisi form yang ada di sinilah merupakan petunjuk tempat aplikasi akan ditampilkan pada layar monitor saat dijalankan.
  • Jendela Code: sebagai salah satu jendela penting dalam Visual Basic yang berisi kode-kode program dan merupakan intruksi-intruksi untuk aplikasi Visual Basic yang dibuat.

Manfaat Visual Basic

Melihat pengertian visual basic beserta bagian-bagian di dalamnya, lalu apa manfaat menggunakan Visual Basic ini?

Visual Basic memang sering disebut sebagai bahasa pemrograman namun juga sering disebut sebagai sarana untuk menghasilkan program program aplikasi berbasis Windows.

Berikut ini beberapa kemampuan dan manfaat Visual Basic yang bisa programmer temukan, antara lain:

  • VB Coding dan VB Net digunakan untuk membuat program berbasis Windows di mana yang paling terkenal selama ini adalah VB Net 2010 yang masih digunakan sampai sekarang.
  • VB bisa digunakan untuk membuat objek dapat membantu program seperti file help, ActiveX, aplikasi internet dan masih banyak lainnya.
  • VB Net 2010 dan jenis lainnya digunakan untuk menguji program debugging serta menghasilkan program akhir bereksistensi Exe. Program tersebut bersifat executable atau bisa langsung dijalankan.

Untuk Visual Basic yang telah mencapai versi 6 saat ini memiliki beberapa keunggulan atau manfaat lebih lainnya yang bisa didapatkan yaitu:

  • Menggunakan platform pembuatan program bernama developer studio. Program tersebut mempunyai tampilan dan sarana seperti C++ dan Visual J++. Programmer bisa melakukan integrasi bahasa pemrograman lain tanpa harus belajar dari nol lagi.
  • VB mempunyai kompiler handal yang bisa membantu menghasilkan suatu file executable jauh lebih cepat dan lebih efisien dari sebelumnya.
  • Sudah ditambahkan dengan kontrol-kontrol baru yang lebih canggih serta peningkatan kaidah struktur bahasa Visual Basic sebagai versi bahasa pemrograman terbaru saat ini.

Kelebihan Dan Kekurangan Visual Basic

Kurang lengkap rasanya jika anda tidak mengetahui kelebihan dan kekurangan Visual Basic sebelum masuk ke ccontoh program visual basic.

Berikut kami telah merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan dari Visual Basic yang perlu diketahui:

Kelebihan Visual Basic

Adapun berikut beberapa kelebihan Visual Basic:

  • Ringan dan tidak menghabiskan banyak memori

Kelebihan yang satu ini menjadi alasan banyak orang masih menggunakan Visual Basic.

Bahkan dari kalangan programmer maupun non programmer.

Hal itu dikarenakan VB tidak menggunakan teknologi framework seperti .NET di VB.NET yang mengandung banyak library serta komponen up to date.

Akan tetapi menggunakan resource yang lebih banyak.

VB sendiri adalah pilihan bagi mereka yang ingin menjalankan pemrograman yang berskala menengah ke atas tanpa membutuhkan framework seperti .NET.

  • Resource melimpah

Keunggulannya yang ditunjukkan dari penggunaan Visual Basic ini yaitu memiliki resource melimpah di internet.

Diantaranya seperti forum, seniper, komunitas, contoh coding dan lainnya semua tersedia di internet.

Sehingga bagi pemula yang baru saja ingin mempelajari Visual Basic maka tidak akan kesulitan untuk mempelajarinya karena banyaknya resource yang melimpah di internet.

Pengguna juga bisa mendapatkan utilitas pendukung yang disediakan di internet dengan cara mendownload lalu menginstalnya di PC.

Utilitas yang bisa didapatkan seperti Help File Maker, Color Picker, Calculator VB dan utilitas lainnya yang mungkin membantu untuk keperluan efisiensi coding seperti Code Editor.

  • File executeable yang dihasilkan cukup kecil

File yang dihasilkan melalui Visual Basic ini berukuran kecil serta menggunakan resource yang tidak banyak.

Visual Basic bisa menjadi aplikasi yang cocok untuk pembuatan aplikasi sederhana berskala kecil.

Bahkan untuk mempelajarinya pun juga tidak sulit karena ada banyak tutorial Visual Basic yang bertebaran di internet sehingga membuatnya mudah untuk dipelajari.

  • Pross pembelajaran cukup singkat

seperti yang telah kami singgung sebelumnya bahwa Visual Basic mempunyai bahasa pemrograman lebih mudah dipahami dan dioperasikan dari pada bahasa pemrograman lainnya seperti Delphi dan Java, C++.

Bahkan pemula pun bisa dengan mudah mempelajari aplikasi sederhana seperti Hello World.

Hal itu dikarenakan dialek bahasa pemrograman yang digunakan bahasa basic sebagai pendahulunya yang dikenal sebagai bahasa pemrograman Newbie Friendly.

Kekurangan Visual Basic

Selain beberapa keunggulan yang ditawarkan, masih ada juga kekurangan kekurangan dari Visual diantaranya:

  • Dukungan Teknologi

VB sebenarnya sudah menjadi aplikasi tradisional yang keberadaannya sudah tergantikan dengan framework aplikasi terbaru seperti VB NET.

Sehingga kemungkinan besar dukungan dari teknologi komponen pemrograman paling update seperti crystal report mungkin tidak bisa ditemukan lagi.

Dukungan dan support pada Visual Basic juga sudah dihentikan sehingga menyebabkan fitur dari finder Microsoft pun sudah tidak ada.

Pengguna hanya bisa melakukan download utilitas pendukung untuk menunjang fitur yang belum ada di Visual Basic tersebut.

Belum lagi dengan masalah kompatibilitas dari Executeable yang dihasilkan Visual Basic sendiri cukup bermasalah di sistem operasi Windows 7.

Meskipun beberapa diantaranya masih bisa dijalankan.

  • Rentan Security/Virus

Beberapa pengguna melaporkan bahwa penggunaan Visual Basic masih rentan terhadap serangan virus atau dalam hal keamanannya yang masih kurang.

Karena seperti yang kita tahu bahwa file yang berekstensi .EXE yang sangat rentan terhadap serangan virus.

Sehingga setiap Executeable hasil kompilasi dari VB.NET perlu dijadikan sebagai self installer melalui Package Manager bawaan dari Visual Basic.

Sehingga bisa mengurangi tingkat serangan langsung dari virus.

  • Visual Basic kurang cocok untuk Game

Saat ini cukup banyak komunitas dan forum yang mempertanyakan tentang integritas dari Visual Basic untuk mengembangkan aplikasi games.

Hal itu dikarenakan Visual Basic kurang cocok untuk membuat aplikasi games karena lebih cocok untuk membuat aplikasi berbasis database.

Hal itu dikarenakan pada Visual Basic livery yang disertakan disediakan lebih ke database oriented sehingga memungkinkan untuk mengoptimalkan berbagai sumberdaya programming untuk keperluan database.

Misalnya ketika digunakan untuk pembuatan aplikasi kepegawaian, aplikasi absensi, aplikasi stok dan lainnya.

  • Tidak multi-operating System

Dikarenakan Visual Basic ini dibuat oleh vendor Microsoft sehingga memang ditargetkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows.

Aplikasi yang dibuat melalui software Visual Basic pun juga tidak bisa dijalankan pada sistem operasi lainnya, misalnya Mac OS atau Linux.

Perbedaannya dengan pemrograman lain seperti Java yang menggunakan teknologi virtual machine di mana untuk encoder ke dalam bahasa dan menggunakan interpreter khusus Java yang harus dipasang pada sistem operasi target untuk menjalankan sistem buatan Java.

8 Cara Mengatasi Aplikasi Gojek Tidak Bisa Login, Mudah Banget!

Contoh Program Visual Basic

Setelah mengetahui penjelasan singkat mengenai Visual Basic, kali ini kami juga akan memberikan informasi mengenai contoh program visual basic tersebut.

Kami rangkum dari beberapa sumber, berikut ini contoh contoh program visual basic yang mungkin bisa Anda coba untuk belajar:

1. Program VB Sederhana

Tampilan form terlihat seperti gambar berikut ini:

contoh program visual basic

Listing program pada komponen “commandbutton”:

If Text1.Text = “” Then

MsgBox (“Isi dulu Nama anda”)

Else

MsgBox (“Nama Saya” + Text1.Text + “Dan saya sedang belajar Visual Basic 6.0”)

End If

2. Program Edit Database

Tampilan pada form seperti berikut ini:

contoh contoh program visual basic

Adapun berikut ini listing program yang berdasarkan dari komponen-komponen di dalamnya:

  • Command Button “Simpan”:

Private Sub Command1_Click()

‘Addnew = untuk membuat atau menambah data baru

Data1.Recordset.AddNew

‘perintah untuk menyimpan data yang di inputkan pada textbox ke dalam field database

Data1.Recordset!nrp = Text1.Text

Data1.Recordset!nama = Text2.Text

Data1.Recordset!jurusan = Text3.Text

‘update = perintah untuk mengupdate data yang telah ditambahkan

Data1.Recordset.Update

‘perintah untuk merefresh grid ketika data sudah ditambahkan

DBGrid1.Refresh

‘perintah untuk mengkosongkan textbox setelah data disimpan

Text1.Text = “”

Text2.Text = “”

Text3.Text = “”

End Sub

  • Command Button “Edit”

Private Sub Command2_Click()

‘Edit = untuk mengedit data yang sudah ada

Data1.Recordset.Edit

‘perintah untuk menyimpan data yang di sudah di edit

Data1.Recordset!nrp = Text1.Text

Data1.Recordset!nama = Text2.Text

Data1.Recordset!jurusan = Text3.Text

Data1.Recordset.Update

DBGrid1.Refresh

Text1.Text = “”

Text2.Text = “”

Text3.Text = “”

End Sub

  • Command Button “Hapus”

Private Sub Command3_Click()

Data1.Recordset.Delete

DBGrid1.Refresh

Text1.Text = “”

Text2.Text = “”

Text3.Text = “”

End Sub

  • DBGrid1:

Private Sub DBGrid1_Click()

‘kode perintah untuk menampilkan data yang sudah disimpan di dalam grid ke textbox

Text1.Text = Data1.Recordset!nrp

Text2.Text = Data1.Recordset!nama

Text3.Text = Data1.Recordset!jurusan

End Sub

3. Menampilkan Grafik di Visual Basic

Tampilan form grafik:

cara membuat visual basic

Object Properties:

contoh program visual basic

Listing Program berdasarkan komponen yang digunakan:

  • Form Load:

Private Sub Form_Load()

‘List Combo: chart types

With Combo1

.AddItem “3D Bar”

.AddItem “2D Bar”

.AddItem “3D Line”

.AddItem “2D LIne”

.AddItem “3D Area”

.AddItem “2D Area”

.AddItem “3D Step”

.AddItem “2D Step”

.AddItem “3D Combination”

.AddItem “2D Combination”

.ListIndex = 1 ‘default:2D Bar

End With

Check1.Caption = “&Show Legends”

‘2D array –> chart values

Dim X(1 To 7, 1 To 6) As Variant

X(1, 2) = “Jakarta”

X(1, 3) = “Bandung”

X(1, 4) = “Cirebon”

X(1, 5) = “Bogor”

X(1, 6) = “Sukabumi”

 

X(2, 1) = “JAN”

X(2, 2) = 3

X(2, 3) = 4

X(2, 4) = 5

X(2, 5) = 6

X(2, 6) = 7

 

X(3, 1) = “FEB”

X(3, 2) = 4

X(3, 3) = 5

X(3, 4) = 3

X(3, 5) = 8

X(3, 6) = 12

 

X(4, 1) = “MAR”

X(4, 2) = 1

X(4, 3) = 3

X(4, 4) = 8

X(4, 5) = 10

X(4, 6) = 9

 

X(5, 1) = “APR”

X(5, 2) = 4

X(5, 3) = 6

X(5, 4) = 12

X(5, 5) = 10

X(5, 6) = 14

 

X(6, 1) = “MAY”

X(6, 2) = 2

X(6, 3) = 9

X(6, 4) = 7

X(6, 5) = 12

X(6, 6) = 8

 

X(7, 1) = “JUN”

X(7, 2) = 12

X(7, 3) = 19

X(7, 4) = 5

X(7, 5) = 19

X(7, 6) = 10

‘2D array –> chart data

MSChart1.ChartData = X

End Sub

  • Check Box:

Private Sub Check1_Click()

If Check1.Value = 1 Then

‘Show Legends

MSChart1.ShowLegend = True

Check1.Caption = “&Hide Legends”

Else

‘Hide Legends

MSChart1.ShowLegend = False

Check1.Caption = “&Show Legends”

End If

End Sub

  • Combo Box:

Private Sub Combo1_Click()

‘chart type –>run time.

MSChart1.chartType = Combo1.ListIndex

End Sub

4. Membuat Tulisan Berwarna, Miring dan Tebal

program visual basic

Keterangan:

  • 1 form
  • 2 label
  • 1 textbox
  • 1 frame
  • 2 option button
  • 2 checkbox
  • 1 command button

Codingnya bisa mengikuti  format berikut ini:

Private Sub Check1_Click()

Label2.FontItalic = Check1.Value

End Sub

 

Private Sub Check2_Click()

Label2.FontBold = Check2.Value

End Sub

 

Private Sub Command1_Click()

End

End Sub

 

Private Sub Option1_Click()

Label2.ForeColor = vbRed

End Sub

 

Private Sub Option2_Click()

Label2.ForeColor = vbBlue

End Sub

 

Private Sub Text1_Change()

Label2.Caption = Text1.Text

End Sub

5. Membuat Tulisan Berjalan ( untuk Program VB 6)

Keterangan:

  • 1 form
  • 1 label
  • 1 timer

Codingnya bisa mengikuti format berikut ini:

Private Sub Timer1_Timer()

If Label1.Left > -4000 Then

Label1.Left = Label1.Left – 15

ElseIf Label1.Left <= -4000 Then

Label1.Left = 1000

End If

End Sub

Jika Anda sudah memasukkan kode tersebut, maka jangan lupa untuk mengganti bagian interval pada property timernya dengan menggunakan angka 10.

Karena  jika Anda tidak menggantinya, maka tulisan itu tidak akan berjalan.

6. Program Kasir Restoran

Berikut ini listing kode program berdasarkan komponen yang digunakan:

  • Combobox1:

Private Sub ComboBox1_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles ComboBox1.SelectedIndexChanged

Select Case ComboBox1.Text

Case “Nasi Uduk”

Label2.Text = “Rp. 3500”

hrgmakanan = 3500

Case “Bakso”

Label2.Text = “Rp. 6000”

hrgmakanan = 6000

Case “Mie Ayam”

Label2.Text = “Rp. 7000”

hrgmakanan = 7000

End Select

End Sub

 

variabel di Form1:

Public Class Form1

Public hrgmakanan, hrgminuman As Integer

  • Combobox2:

Private Sub ComboBox2_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles ComboBox2.SelectedIndexChanged

Select Case ComboBox2.Text

Case “Es Jeruk”

Label4.Text = “Rp. 3000”

hrgminuman = 3000

Case “Jus Alpukat”

Label4.Text = “Rp. 7000”

hrgminuman = 7000

Case “Teh Manis”

Label4.Text = “Rp. 4000”

hrgminuman = 4000

End Select

End Sub

 

Sub-routine Public:

Public Sub New()

 

‘ This call is required by the designer. InitializeComponent()

ComboBox2.Visible = False

Label3.Visible = False

‘ Add any initialization after the InitializeComponent() call.

End Sub

  • Checkbox1:

Private Sub CheckBox1_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles CheckBox1.CheckedChanged

If CheckBox1.Enabled = False Then

ComboBox2.Visible = False

End If

If CheckBox1.Enabled = True Then

ComboBox2.Visible = True

Label3.Visible = True

End If

End Sub

 

  • Button1:

Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click

Dim porsimkn, porsimnm, jumlah As Integer

porsimkn = TextBox1.Text

porsimnm = TextBox2.Text

jumlah = (hrgmakanan * porsimkn) + (hrgminuman * porsimnm)

Label7.Text = “Rp. ” & jumlah.ToStr

7. Menggerakan Label di Visual Basic

Listing program code:

Label1.Left = Label1.Left – 15

If (Label1.Left <= -(Label1.Width)) Or (Label1.Left >= Me.ScaleWidth) Then Label1.Left = Me.ScaleWidth

(Sumber: dosenit.com)

8. Program Menghitung Luas Persegi Panjang

Berikut contoh program visual basic lainnya  untuk menghitung luas persegi panjang.

Keterangan:

  • 1 form
  • 1 shape
  • 6 label
  • 3 textbox
  • 1 command button

Code VB:

Private Sub Command1_Click()

luas.Text = panjang.Text * lebar.Text

End Sub

 

Private Sub lebar_Change()

Label5.Caption = lebar.Text

End Sub

 

Private Sub luas_Change()

Label6.Caption = luas.Text

End Sub

 

Private Sub panjang_Change()

Label4.Caption = panjang.Text

End Sub

F.A.Q

Apa itu Visual Basic?

Visual basic adalah bahasa pemrograman yang berbasis event sebagai generasi ketiga dan Integrated Development Environment (IDE) dari Microsoft.

VB digunakan oleh para programmer untuk membuat suatu program tertentu sesuai kebutuhan.

Apa fungsi Visual Basic?

Melalui VB ini memungkinkan para programmer maupun pengguna lain untuk membuat suatu program, diantaranya seperti program penjualan, kasir, menghitung sesuatu dan masih banyak lainnya.

Akhir Kata

Nah, demikian itulah beberapa contoh program visual basic yang mungkin bisa jadi contoh untuk Ada coba.

Contoh di atas hanyalah program sederhana, yang cocok digunakan untuk belajar pemula.

Untuk mendapatkan versi lengkapnya, Anda bisa mencari melalui situs download code-code visual basic yang ada di internet.

Bahkan ada yang mencantumkan link download program matengannya alias sudah dalam bentuk file siap pakai.

Beberapa ada yang menawarkan gratis maupun berbayar.

Sekian pembahasan dari kami tentang contoh program visual basic dan semoga bermanfaat bagi pembaca.

12 Aplikasi Remote PC Terbaik dan Gratis, Paling Recommended!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *