Cara Menggunakan Google Meet, Ikuti Panduan Ini

cara menggunakan Google Meet

Google Meet (atau Google Hangouts Meet) berisi teknologi yang sangat mirip dengan Hangouts, dengan beberapa perbedaan yang tentunya ramah bisnis.

Sepertinya Google bermaksud untuk akhirnya mengubah Hangouts dan transisi ke kombinasi Meet and Chat, tetapi saat ini Hangout masih tersedia.

Jika Anda menggunakan Hangouts untuk konferensi video dan memiliki akun yang diaktifkan G-Suite, Anda mungkin ingin memahami Google Meet sekarang, dengan panduan praktis kami disini.

Apalagi di tengah wabah Corona yang masih menghantui Indonesia, mau tidak mau masih banyak pekerja yang harus Work From Home.

Anda bisa memanfaatkan Google map untuk saling berkomunikasi dengan partner kerja anda dengan mudah.

Cara menggunakan Google Meet silahkan simak pembahasan kami berikut ini:

Cara Menggunakan Google Meet

Langkah-langkah cara menggunakan Google Meet sangat mudah sekali, ikuti panduan yang berikut ini:

1. Buka Meet

Untuk memulai sesi dengan Google Meet, di browser Anda, cukup buka halaman ini: https://meet.google.com/.  Dan, jika Anda memiliki akun Google, Anda dapat masuk dan mengakses antarmuka Meet.

Versi lengkap Meet hanya tersedia bagi mereka yang memiliki akun G-Suite.

Meskipun siapa pun yang memiliki akun Google dapat bergabung dengan Meeting, mereka tidak dapat memulainya.

Meet juga disertakan secara default di panel aplikasi Google Chrome jika Anda memiliki G-Suite.

Bagi mereka yang menggunakan perangkat seluler dan bukan komputer, aplikasi tersedia untuk ponsel dan tablet Android dan iOS, dan kami juga akan membahas cara menggunakannya di langkah selanjutnya.

Tapi pertama-tama, mari kita mulai meet ini.

2. Gabung dengan Meet

Setelah masuk ke Meet, Anda akan melihat panel yang dapat diklik dan memiliki opsi untuk ‘Bergabung atau memulai rapat’/ Join or start a meeting.

Di bagian layar yang sama, juga akan menampilkan rapat apa pun yang sebelumnya Anda jadwalkan di Kalender Google.

Untuk bergabung dengan meet, Anda harus mengetahui nama pertemuan itu, klik ‘lanjutkan’ / continue untuk bergabung.

3. Menjadi Presenter/ Pembuat

Jika pertemuan yang Anda coba bergabung tidak ada atau Anda satu-satunya orang, Meet akan menganggap bahwa Anda ingin membuat pertemuan baru, dan juga memberikan opsi untuk ‘present’.

Sebagai presenter, Anda dapat mendistribusikan desktop komputer Anda ke peserta lain.

Penting untuk disadari bahwa siapa pun dapat hadir.

4. Kontrol Kamera dan Suara

Ketika pertemuan dibuat, sistem Anda segera diperiksa untuk fungsi konferensi, termasuk input dan output audio dan tautan video.

Secara default suara dan video mati, hanya dengan mengklik ikon di bagian bawah panel layar akan mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ini.

5. Tambahkan orang

cara menggunakan Google Meet , Anda juga harus tahu bagaimana cara menambahkan orang.

Rapat tidak terlalu menyenangkan tanpa yang lain, jadi setelah rapat dimulai, Anda dapat menambahkan orang ke dalamnya yang belum diundang.

Ada banyak cara untuk melakukan ini, tetapi cara khas kebanyakan bisnis adalah mengirim email atau pesan obrolan dengan tautan ke rapat.

Meet membuat tautan untuk Anda salin dan gunakan sesuai keinginan, atau dapat mengirim email kepada siapa saja dengan tautan itu jika Anda memberikan alamat email.

Anda juga bisa melakukan undang teman dapat melalui nomor telepon.

Tapi harus menjadi nomor untuk negara tempat akun G-Suite terdaftar, tetapi tidak semua wilayah tersedia.

Dengan menggunakan nomor ini, siapa pun dapat memasuki rapat dengan koneksi yang adil dan audio, meskipun mereka tidak akan dapat melihat presentasi visual apa pun atau video peserta.

Sebagai jalan pintas untuk menambahkan orang, semua yang merupakan bagian dari akun G-Suite terdaftar dan dapat diklik untuk menambahkan.

Anda juga dapat memanggil pengguna tersebut langsung dari aplikasi jika Anda ingin memastikan bahwa mereka tersedia.

6. Tampilkan Presentasi Desktop

Sebagai presenter Meet, Anda dapat dilihat secara langsung oleh peserta atau melihat isi komputer Anda.

Kontrol untuk ini ada di kanan bawah panel, dan Anda dapat memilih apakah seluruh layar atau hanya jendela aplikasi dapat terlihat.

Ini adalah fasilitas yang sangat berguna untuk presentasi Powerpoint, atau jika Anda ingin menggunakan Meet untuk pelatihan perangkat lunak.

Ada batasan pada apa yang dapat Anda sajikan dari desktop, karena penangkapan dan kompresi gambar yang berubah dengan cepat tidak dapat mengimbangi permainan video atau pemutaran video 4K.

7. Membisukan Audien

Jika Anda mengeklik siapa pun dalam daftar orang yang hadir, audio mereka dapat dibisukan atau streaming video dihentikan sementara.

Orang lain masih dapat mendengar dan melihat mereka, tetapi Anda dapat mengontrol apa yang Anda dengar dan lihat dari mereka.

Demi kepentingan orang lain dan kelancaran rapat, selalu merupakan praktik yang baik untuk memeriksa apakah kamera dan mikrofon Anda berfungsi dengan benar sebelum bergabung dengan rapat dan bahwa level audio tidak berlebihan.

Demikian cara menggunakan Google Meet dengan mudah.

Baca Juga: Cara Menyadap WA Orang Lain, Pakai Aplikasi Premium ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *