Apa Itu Sibina? Benarkah Bisa Intip Data Pengguna?

imei

Sudah tahu apa itu Sibina? Sejak tahun 2012 hingga sekarang ini, Kemenprin sudah mencatat ada 1,6 miliar nomor IMEI dari perangkat ponsel maupun tablet. Nomor-nomor tersebut didaftarkan dulu oleh para produsen smartphone di Indonesia.

Kominfo sendiri sudah memberlakukan regulasi IMEI (International Mobile Equipment Identity) belakangan ini. Seperti yang sudah direncanakan bahwa peraturan dari Kominfo ini baru bisa direalisasikan jika sistem SIBINA sudah siap.

Lalu apa itu Sibina? Berikut ini Kami akan memberikan penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Sibina?

SIBINA

Dirjen SDPPI (Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika) Kominfo telah menjelaskan bahwa SIBINA adalah sistem dari Kemenprin (Kementerian Perindustrian) yang berisi seluruh data tanda pendaftaran produk (TPP) ponsel di Indonesia.

Termasuk diantaranya data dari produk impor, produksi nasional, stok pedagang, operator seluler maupun ponsel yang dibeli dari luar negeri.

SIBINA nantinya akan menampung 5 sumber data yaitu TPP Impor, TPP Produksi, data hand carry, data dump operator seluler dan data ponsel stok pedagang. Berikut masing-masing penjelasannya:

  • TPP impor adalah data IMEI yang memang telah ada di Kemenprin yan didasarkan dari aktivitas impor ponsel yang dilakukan oleh importer resmi.
  • TPP Produksi adalah data IMEI di Kemenprin yang bersumber dari laporan para produsen ponsel di dalam negeri, misalnya seperti Advan, Evercoss dan Polytron.
  • Data Dump Operator Seluler adalah data IMEI yang telah tercatat di operator seluler data seluruh ponsel yang pernah digunakan menggunakan kartu SIM (SIM Card).

SIBINA nantinya juga menampung data-data IMEI ponsel milik Warga Negara Indonesia dari yang didapatkan dari luar negeri.

Baca Juga:

Spesifikasi dan Harga Oppo A5 2020

Spesifikasi dan Harga Oppo A9 2020

Apakah SIBINA Bisa Intip Data Pengguna?

Sudah tahu bukan apa itu Sibina? Lalu benarkan program ini bisa mengintip data pribadi pengguna ponsel?

Meskipun sebenarnya regulasi mengenai Sibina dan rencana untuk melakukan black list terhadap ponsel-ponsel BM (Black market) masih terus digodok oleh pemerintah, tapi sepertinya sudah bermunculan rumor yang beredar di masyarakat.

Mengenai rumor tentang SIBINA yang dapat mengintip data pribadi pengguna seluler dibantah oleh Direktur Industri Elektronika dan Telematikan Kemenprin. Sibina sama sekali tidak akan melihat maupun mengumpulkan data individu. Progam ini hanya melihat data IMEI saja.

Nantinya data dari Kemenperin akan dicocokkan dengan data operator seluler. Setelah itu barulah keluar data IMEI yang perlu diberikan notifikasi, apa termasuk kategori blacklist atau whitelist.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti bagaimana SIBINA nantinya bekerja namun dilansir dari detikNET, Permen Kominfo dan Kemendag telah selesai dan tinggal menunggu permen dari Kemenperin.

Baca Juga:

40 Wallpaper Mobile Legends Terbaru 2019 – [Khusus Hero Cewek]

17 Trik Jitu Mendapatkan Chicken Dinner PUBG Mobile, Ala Pro Player!

Username dan Password ZTE F609 IndiHOme Terbaru 2019

 

2 Comments on “Apa Itu Sibina? Benarkah Bisa Intip Data Pengguna?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *