Apa Itu AirPower Apple? Benarkah Peluncurannya Dibatalkan?

AirPower batal rilis

Pembatalan AirPower Apple adalah situasi yang jarang terjadi di mana Apple meluncurkan produk baru tetapi membatalkannya sebelum dirilis. AirPower adalah pengisian nirkabel yang diumumkan Apple bersamaan iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X.

Faktanya, Apple membatalkan proyek tersebut dan Anda tidak akan pernah bisa membeli AirPower. Setidaknya, itulah yang kami pikirkan hingga tepat sebelum WWDC 2020 , kemudian salah satu leaker menyarankan matras pengisian tiga perangkat Apple mungkin kembali dalam pengembangan.

Singkatnya, jangan mengharapkan tanggal rilis Apple AirPower dalam waktu dekat – atau selamanya.

Apa yang Terjadi dengan AirPower Apple?

AirPower dari Apple
theverge.com

Persisnya apa yang terjadi pada AirPower Apple tidak dikonfirmasi oleh perusahaan, tetapi Apple mengkonfirmasi bahwa proyek tersebut telah dibatalkan. Pada Maret 2019, wakil presiden senior teknik perangkat keras Apple, Dan Riccio, membuat pernyataan tentang proyek tersebut.

Riccio berkata, “Setelah banyak usaha, kami menyimpulkan bahwa AirPower tidak akan mencapai standar tinggi kami dan kami telah membatalkan proyek tersebut.

“Kami meminta maaf kepada pelanggan yang menantikan peluncuran ini. Kami terus percaya bahwa masa depan adalah nirkabel dan berkomitmen untuk mendorong pengalaman nirkabel ke depan.”

Itu cukup pasti bahwa AirPower tidak akan terjadi, bukan? Namun sebuah laporan pada Juni 2020, dari pembocor serial Jon Prosser, mengklaim memiliki gambar bantalan pengisi daya yang kembali dalam pengembangan.

AirPower yang diumumkan Apple pada 2017 tampaknya secara resmi gagal. Tentu, mungkin perusahaan sedang mengerjakan produk serupa lainnya, tetapi tidak akan kembali dengan cara yang sama.

Mengapa kita tidak mendapatkan AirPower? Prototipe AirPower asli berjalan terlalu panas, menurut TechCrunch, dan itu karena harus memiliki lebih dari 20 kumparan pengisian daya di lokasi yang kecil.

Diperkirakan bahwa Apple tidak dapat menemukan cara untuk mengelola panas itu, sehingga proyek tersebut akhirnya dibatalkan. Itu belum dikonfirmasi secara langsung dari Apple, tetapi kemungkinan demikian, menurut berbagai sumber.

Namun, pada Oktober 2020, Prosser mengklaim bahwa Air Power telah dihapus dari jadwal perangkat Apple untuk 2021 – yang berarti bantalan pengisi daya, kurang lebih, dibatalkan. Mengingat teknologi pengisian daya nirkabel MagSafe di iPhone 12, sepertinya Apple hanya pergi ke arah yang berbeda.

Itu membuatnya semakin pahit untuk melihat prototipe yang sangat mungkin diakuisisi oleh kolektor perangkat pra-rilis Apple, yang mengunggah video dia mengisi (juga prototipe) iPhone dengan tikar:

Ada banyak alasan untuk percaya bahwa ini adalah alas pengisian daya AirPower yang otentik, terutama karena bagian bawahnya cocok dengan desain prototipe berbeda yang diungkapkan setahun yang lalu. Selain itu, model yang baru ditemukan itu menunjukkan kepada kita bagaimana perangkat itu seharusnya bekerja – dan sentuhan yang rapi, seperti animasi pada iPhone saat sedang diisi daya, akan ditampilkan dalam AirPower yang memenuhi standar Apple.

Baca Juga: 8 Kelebihan Vivo V17 Pro, Apa Saja yang Ditawarkan?

Apa itu Apple AirPower?

Apakah Anda memerlukan sesuatu untuk mengisi daya semua gadget Apple Anda secara nirkabel sekaligus? Itu sebabnya Apple menciptakan AirPower. Tujuan dari pengisian daya nirkabel adalah untuk menawarkan pengalaman di mana Anda dapat mengisi daya iPhone, Apple Watch dan AirPods secara bersamaan.

AirPower adalah tiga perangkat yang mengisi daya secara nirkabel sekaligus, suatu prestasi yang pernah dicapai Apple, maupun perusahaan lain mana pun sebelumnya.

Di CES 2018 (beberapa bulan setelah AirPower pertama kali dipamerkan), perusahaan hanya sampai meluncurkan tikar yang dapat mengisi daya dua perangkat secara nirkabel secara bersamaan.

Tentu saja, Apple tidak menemukan pengisian nirkabel di sini (sudah ada di Android selama bertahun-tahun), tetapi Apple mencoba untuk membawa putarannya sendiri ke teknologi, dan menyesuaikannya untuk produknya sendiri.

Baca Juga: 20 Daftar HP Xiaomi Dibawah 2 Juta [Spesifikasi & Gambarnya]

Cara Kerja AirPower Apple

apa itu AirPower
macrumors.com

Sistem AirPower Apple menampilkan bantalan tipis berbentuk oval. Dan, meskipun hanya AirPods (dalam wadah opsionalnya) yang pas di permukaannya, Apple Watch dan iPhone Anda akan memiliki ruang siku yang cukup.

AirPower bekerja berkat teknologi pengisian daya Qi, yang masih menjadi standar pengisian nirkabel terkemuka di pasar. Meskipun Qi tersedia di alas pengisian daya pihak ketiga dari perusahaan seperti Belkin dan lainnya, AirPower adalah solusi milik Apple untuk kebutuhan pengisian daya nirkabel baru Anda.

Apple Watch sebelumnya menggunakan pengisian nirkabel Qi, termasuk dalam pad yang dibuat oleh Apple. Namun, AirPower memungkinkan hingga tiga perangkat berbeda untuk mengisi daya sekaligus, membuatnya lebih terbuka daripada upaya Apple sebelumnya.

AirPower adalah wireless pengisian nirkabel terbaik. AirPower dirancang untuk menjadi lebih dari sekadar wireless. Itu adalah keseluruhan sistem pengisian nirkabel yang memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dan mengelola konsumsi daya di antara mereka.

Seperti yang dikatakan oleh kepala pemasaran Apple di seluruh dunia Phil Schiller di atas panggung pada tahun 2017, ini tidak mungkin dilakukan dengan sistem pengisian nirkabel lain yang tersedia saat ini.

Schiller berkata, “Kami berharap orang-orang menyukainya, yang mendorong orang lain untuk menciptakan solusi yang lebih maju berdasarkan teknologi seperti ini.”

Apple berencana bekerja sama dengan tim standar Qi untuk menghadirkan fitur AirPower ke solusi pengisian daya lainnya di masa mendatang. Apakah itu pernah terjadi meskipun pembatalan AirPower Apple? Tidak jelas, dan kita mungkin tidak pernah tahu.

Baca Juga: 7 Ponsel 5G Terbaik Tahun 2021 & Spesifikasinya

Sumber: techradar.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *